Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Untung Besar Berkat Galaxy S7

Kompas.com - 28/04/2016, 16:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Samsung telah mengumumkan kinerja bisnis perusahaannya di kuartal pertama 2016. Dalam laporan tersebut, terungkap bahwa penjualan ponsel Android Galaxy S7 menyumbang pendapatan terbesar bagi perusahaan.

Di kuartal pertama 2016, Samsung mengklaim pendapatan Samsung naik sebesar 6,68 triliun won (sekitar Rp 77,639 triliun) menjadi 49,78 triliun won (setara Rp 578,845 triliun). Sebelumnya, Samsung mendapatkan pendapatan sebesar 43,1 triliun won (sekitar Rp 500,774 triliun) di kuartal yang sama tahun lalu.

Dari persentasenya, pendapatan unit bisnis mobile Samsung naik sebesar 12 persen dan secara keseluruhan, pendapatan perusahaan naik sebesar 6 persen.

Menurut Samsung, kenaikan tersebut didorong oleh peluncuran ponsel yang lebih awal dan penjualan yang sukses dari dua perangkat ponselnya, Galaxy S7 dan S7 Edge.

Sementara laba operasi divisi mobile Samsung diklaim naik sebesar 42 persen.

Namun, pernyataan Samsung tersebut masih bisa dipertanyakan. Seperti diketahui, Galaxy S7 memang diluncurkan lebih cepat dari jadwal biasanya, yaitu April 2015 seperti peluncuran Galaxy S6.

Galaxy S6 sendiri belum meluncur sebelum bulan April 2015, sementara penerusnya Galaxy S7 sudah diluncurkan pada Februari 2016 lalu. Dengan demikian, perbandingan year-on-year antara Galaxy S7 dan Galaxy S7 berbeda satu kuartal.

Pertanyaannya kini adalah apakah Apple mampu mempertahankan laju pertumbuhannya atau tidak.

Pesaing Samsung, Apple baru saja mengumumkan laporan perusahaannya dimana terungkap bahwa penjualan iPhone menurun dan membuat laba perusahaan turun untuk pertama kali sejak 2003 lalu.

Baca: iPhone Terseok, Pendapatan Apple Turun

Samsung sendiri juga mengatakan sedang mengantisipasi permintaan yang kian melemah di pasaran dalam kurun satu tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com