Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video YouTube "Dicuri", Kreator Bisa Tetap Dapat Uang

Kompas.com - 29/04/2016, 14:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Eurogamer

KOMPAS.com — Sengketa hak cipta konten di YouTube sudah jadi makanan sehari-hari. YouTube akhirnya mengambil langkah progresif untuk menumpas masalah tersebut.

Tujuannya agar pengunggah video YouTube alias YouTubers yang orisinal mendapatkan pendapatan sesuai banyaknya iklan dan penonton yang menikmati videonya.

Jika ada orang jahil yang memperdebatkan video tersebut sebagai miliknya, sistem YouTube akan menginvestigasi kebenarannya secara serius.

"Selama ini, video yang hak ciptanya bermasalah tak bisa mengumpulkan pendapatan. Hal ini tentu merugikan kreator aslinya," kata perwakilan YouTube, sebagaimana dilaporkan Eurogamer dan dihimpun KompasTekno, Jumat (29/4/2016).

Ke depan, video sengketa akan tetap meraup pendapatan. Hanya, selama YouTube menginvestigasi kebenaran hak cipta karya, pemasukan video bakal dibekukan.

Setelah proses investigasi selesai dan kreator asli diketahui, barulah pendapatan yang terkumpul dicairkan dan diberikan kepada yang berhak.

"Kami percaya pada keadilan dan yakin, sistem baru ini akan menciptakan perubahan nyata," demikian dituturkan oleh perwakilan YouTube.

Eurogamer Sistem baru YouTube agar kreator asli memperoleh haknya
Selain itu, YouTube juga akan kaji Content ID secara berkala. Content ID adalah sertifikasi yang diajukan YouTubers agar video yang diunggah oleh akunnya diakui keasliannya.

Jika sebuah Content ID terbukti beberapa kali mengklaim karya orang lain sebagai karyanya, YouTube sudah menyiapkan sanksi khusus.

"Kami punya tim solid yang memonitor Content ID," ujar perwakilan dari layanan yang berada di bawah naungan Google tersebut.

Sistem ini akan hadir dalam waktu dekat. YouTube masih enggan mengumbar tanggal tepatnya. "Beberapa bulan ke depan." Hanya itu yang dikatakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Eurogamer

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com