Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Facebook Tembus Rp 19 Triliun

Kompas.com - 30/04/2016, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Saham raksasa media sosial Facebook meningkat setelah melaporkan kenaikan keuntungan sampai tiga kali lipat dalam kuartal pertama 2016 menjadi 1,51 miliar dollar AS (sekitar Rp 19,8 triliun).

Sementara pendapatan dari iklan meningkat menjadi 5,2 miliar dollar AS (Rp 68 triliun) dari 3,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 46 triliun) tahun sebelumnya, dengan 80 persen lebih berasal dari telepon genggam.

Layanan video siaran langsung dari Facebook tampaknya menarik minat pemasang iklan baru sementara pendapatan dari layanan yang selama ini sudah ada juga berkembang.

Pendirinya, Mark Zuckerberg, sudah meminta agar saham baru diterbitkan sehingga dia menyumbangkan dana dari saham-sahamnya ke yayasan sosial namun tetap menguasai perusahaan.

Peningkatan keuntungan dan pendapatan itu jauh di atas perkiraan para pelaku saham di Wall Street New York dan harga saham Facebook langsung naik sampai 9 persen lebih beberapa jam setelah perdagangan.

Sementara peningkatan pengguna aktif bulanan meningkat 15 persen dibanding satu tahun sebelumnya, menjadi 1,65 miliar, di atas perkiraan para analis.

Dan setiap pengguna menyumbangkan uang lebih banyak bagi Facebook dengan rata-rata 3,2 dollar AS atau Rp 42.000 per orang, naik dari 2,5 dollar AS atau sekitar Rp 33.000 tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com