Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DreamWorks Studio Pembuat "Kung Fu Panda" Dibeli Comcast Rp 50 Triliun

Kompas.com - 30/04/2016, 12:16 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com — Raksasa media Comcast Corporation dikabarkan telah setuju membeli perusahaan animasi DreamWorks Animation dengan nilai 3,8 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 50,2 triliun.

Masa transisi pembelian tersebut diprediksi selesai pada akhir tahun ini. Para pemegang saham DreamWorks Animation masing-masing mendapatkan 41 dollar AS atau setara Rp 541.815 per lembar saham.

DreamWorks Animation akan beroperasi di bawah bendera anak usaha Comcast, yaitu Universal Filmed and Entertainment Group. Sementara itu, salah satu pendiri sekaligus CEO studio animasi tersebut, Jeffrey Katzenberg, akan menjadi chairman DreamWorks New Media.

"NBC Universal adalah rumah yang tepat untuk perusahaan kami," ujar Katzenberg, mengomentari pembelian studio film miliknya itu, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Wall Street Journal, Sabtu (30/4/2016).

Comcast Corporation, melalui studio Universal Pictures miliknya, telah cukup menikmati kesuksesan di bidang film animasi beberapa tahun belakangan ini. Mereka membuat animasi Despicable Me dan Minions.

Kesuksesan tersebut diprediksi akan membesar dan jadi pesaing berat bagi Walt Disney. Pasalnya, pencaplokan DreamWorks Animation dan segudang karyanya bakal memperkaya perpustakaan film animasi milik Comcast Corporation.

Sekadar diketahui, Comcast Corporation adalah raksasa di bidang penyiaran dan TV kabel AS. Mereka memiliki kanal televisi kabel, seperti NBC, NBCSN, E! Entertainment Television, dan studio produksi film Universal Studios.

Sementara itu, DreamWorks Animation adalah studio animasi asal Glendale, California, AS. Karyanya yang terkenal antara lain Shrek, Kung Fu Panda, dan How to Train Your Dragon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com