Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DSLR Canon 1DX Mark-II Resmi Masuk Indonesia, Harganya?

Kompas.com - 01/05/2016, 10:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Empat tahun setelah kehadiran kamera profesional seri EOS-1DX, Canon menelurkan penerusnya yang bernama EOS-1DX Mark II.

Kamera anyar tersebut kini telah resmi memasuki pasaran Indonesia lewat acara peluncuran yang digelar di Jakarta oleh PT Datascrip selaku distributor tunggal kamera Canon di Indonesia, Sabtu (30/4/2016).

Canon EOS-1DX Mark II dijadwalkan mulai tersedia pada bulan Mei mendatang dengan harga Rp 82.500.000 (body only). Pihak Datascrip menargetkan akan menjual 150 unit EOS-1DX Mark II sepanjang tahun 2016.

Direktur Divisi Canon PT Datascrip, Merry Harun, mengatakan bahwa Canon EOS-1DX Mark II ditujukan bagi para profesional yang membutuhkan kecepatan dan ketangguhan dari sebuah kamera.

“Targetnya fotografer yang memang running di highspeed, misalnya untuk bidang sport, juga para jurnalis,” ujar Merry ketika ditemui KompasTekno usai acara peluncuran.

Sebagai DSLR kelas profesional yang menduduki urutan teratas dalam hierarki produk kamera Canon, EOS-1DX Mark II dibekali dengan berbagai macam teknologi tebaru dari pabrikan Jepang tersebut.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tampak depan dan belakang kamera Canon EOS-1DX Mark II

EOS-1DX Mark II memiliki sensor full-frame 20,2 megapiksel yang dipasangkan dengan chip pengolah gambar Digic 6+. Sistem autofokusnya memiliki 61 titik, 41 di antaranya merupakan jenis cross-type.

Sesuai dengan perannya untuk menangkap aksi cepat, kamera ini memiliki burst rate sangat tinggi, mencapai 14 FPS untuk pemotretan dengan viewfinder atau 16 FPS untuk pemotretan dengan live view.

Canon turut membenamkan kemampuan merekam video 4K 60p dengan continuous autofocus berkat teknologi Dual-Pixel AF.  Tiap frame dari video 4K  bisa diambil menjadi still picture JPEG dengan resolusi 8,8 megapiksel dengan fitur frame grab.

Unit shutter EOS-1DX mark II didesain tangguh dengan actuation rating 400.000 kali jepret. Tubuh kamera ini terbuat dari magnesium alloy dan sanggup menahan cipratan air serta debu layaknya kamera profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com