Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Drone Penguji Sinyal Telkomsel Tiba di Makassar

Kompas.com - 02/05/2016, 06:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dua minggu setelah diluncurkannya kampanye Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) Telkomsel, drone Elang Timur yang terbang dari Merauke pada 14 April lalu sampai di separuh perjalanannya menjelajahi Indonesia dengan mendarat di Makassar, Minggu (1/5/2016).

Pendaratan Elang Timur di Makassar disambut oleh Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dan beberapa petinggi Telkomsel Area IV dalam sebuah acara yang digelar di halaman Trans Studio Mall, Makassar.

Ramdhan mengatakan, mendaratnya Elang Nusa di Makassar bisa dijadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan semangat digital, kreativitas dan pariwisata di kotanya.

Sementara Ari Besar Pribumi, Vice President Business Support Area IV Papua Maluku Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka) mengatakan, “Elang Nusa juga menjadi bagian dari uji jaringan broadband yang dilakukan Telkomsel guna menjaga kualitas terbaik mobile broadband, baik 4G maupun 3G."

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Walikota Makassar, M. Ramdhan Pomanto (berkaos putih memegang drone) dengan drone Elang Timur yang tiba di Makassar, Jumat (1/5/2016).
Serangkaian aktivitas dilakukan Telkomsel untuk menyambut tibanya drone Elang Timur di kota Makassar, seperti kompetisi band dan dance antar pelajar.

Ekspedisi Langit Nusantara merupakan kampanye Telkomsel dalam menguji jaringan yang dimilikinya, sekaligus mendokumentasikan tempat-tempat wisata dan keindahan alam di Indonesia.

Di Makassar sendiri, drone Elang Timur dipakai untuk merekam keindahan tempat-tempat wisata seperti Pantai Losari, City View, dan Benteng Rotterdam. Video tersebut bisa dilihat melalui microsite Telkomsel di URL: telkomsel.com/elangnusa.

Sementara dari sisi pengujian kualitas broadband 3G dan 4G dilakukan dengan menerbangkan pesawat tanpa awak (drone) yang akan merekam dan mengalirkan video secara langsung (live streaming) dengan menggunakan jaringanbroadband Telkomsel.

Telkomsel menerbangkan dua unit drone yang masing-masing berangkat dari Sabang (Elang Barat) dan Merauke (Elang Timur) pada 14 April 2016 lalu. Kedua drone kemudian akan bertemu dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali pada 14 Mei 2016 nanti. Jarak yang diterbangi masing-masing drone kurang lebih adalah 8.500 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com