Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Habiskan Rp 210 Miliar demi Keselamatan Zuckerberg

Kompas.com - 02/05/2016, 14:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber smh.com.au

KOMPAS.com - Facebook tak akan eksis di dunia ini tanpa Mark Zuckerberg. Bisnisnya pun mungkin akan biasa saja jika tak dikelola Zuckerberg.

Tak heran jika Facebook begitu menjaga keamanan pendiri sekaligus CEO perusahaannya tersebut, sebagaimana dilaporkan SMH dan dihimpun KompasTekno, Senin (2/5/2016).

"Biaya besar digelontorkan untuk menghadang berbagai ancaman bagi keselamatan Zuckerberg dalam kapasitasnya sebagai pendiri dan CEO," kata juru bicara Facebook.

Pada 2015 lalu, Facebook menghabiskan uang sekitar 4,26 juta dollar AS atau setara Rp 56 miliar "hanya" untuk pengamanan Zuckerberg.

Jika ditotal dari 2013 lalu, Facebook sudah menggelontorkan sekitar 16 juta dollar AS atau setara Rp 210 miliar untuk menjamin keamanan Zuckerberg.

Detailnya, Facebook menghabiskan 5,6 juta dollar AS (Rp 73 miliar) untuk keamanan Zuckerberg tahun 2014. Sementara pada 2013, uang yang dihabiskan lebih kecil, yakni 2,65 juta dollar AS (Rp 34 miliar).

Menurut Wall Street, nilai tersebut adalah yang tertinggi dibandingkan biaya pengamanan CEO perusahaan-perusahaan teknologi lainnya.

Mari kita bandingkan dengan CEO perusahaan teknologi kawakan lainnya. Biaya keamanan untuk CEO Amazon Jeff Bezos pada 2015 lalu hanya 1,6 juta dollar AS atau setara Rp 21 miliar.

Keamanan bagi CEO Apple Tim Cook bahkan dihargai jauh lebih murah. Sepanjang 2015, Apple hanya mengeluarkan uang sebesar 209.000-an dollar AS atau sekitar Rp 2,75 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber smh.com.au
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com