Bos Apple Berusaha Merayu China - Kompas.com

Bos Apple Berusaha Merayu China

Oik Yusuf
Kompas.com - 09/05/2016, 11:38 WIB
Adam Tow/AllThingsD.com CEO Apple, Tim Cook

KOMPAS.com - China bukan negara yang mudah ditembus oleh Apple. Bos besar perusahaan gadget berlambang buah apel itu pun dikabarkan bakal terbang ke sana pada akhir bulan ini untuk “merayu” para petinggi Negeri Tirai Bambu.

Dirangkum KompasTekno dari Reuters, Senin (9/5/2016), dalam kunjungan tersebut, CEO Apple Tim Cook dijadwalkan bertemu sejumlah pejabat senior dari pemerintah dan Partai Komunis China.

Agenda pertemuan masih belum diketahui. Yang jelas, Apple belakangan memang dilanda masalah di China. Dua layanan iTunes Movies dan iBooks, misalnya, bulan lalu diblokir oleh pemerintah negara itu.

Baca: China Blokir Layanan Buku dan Film Online Apple

Lalu, awal bulan ini, Apple harus rela berbagi merk dagang “iPhone” dengan sebuah brand lokal China setelah melalui proses panjang di pengadilan dan kalah.

Cook sendiri sebenarnya sudah sering bepergian ke China semenjak mengambil alih tampuk kepemimpinan Apple lima tahun lalu.

Namun, kunjungan berikutnya nanti boleh dibilang dilakukan di masa “krisis”. Kehadiran Cook diharapkan bisa memuluskan jalan Apple di China yang menjadi pasar terbesar kedua bagi perusahaannya setelah AS.

Baca: Apple Gagal Dapatkan iPhone di China

Dalam laporan keuangan terbarunya yang dipublikasikan bulan lalu, Apple mencatat penurunan penjualan sebesar 26 persen di China yang ikut menyeret angka penjualan iPhone global sehingga menurun untuk pertama kalinya sejak 2007.

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
SumberReuters

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM