Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periscope Bakal Bisa Siaran Langsung Lewat Drone

Kompas.com - 10/05/2016, 11:53 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, pengguna Periscope bisa menyiarkan video langsung dari drone. Hal tersebut dimungkinkan oleh kerja sama strategis antara Periscope dengan produsen drone kawakan DJI.

Pertama-tama, pengguna harus mengoneksikan ponsel dengan drone tertentu buatan DJI. Drone yang dimaksud adalah DJI Inspire, Phantom 4, Phantom 3 Professional atau Advanced, dan Osmo.

Setelah terkoneksi, Periscope akan menampilkan sudut pandang video langsung alias live-streaming dari kamera drone pada layar ponsel. Pengguna juga bisa mengganti perspektif dari kamera drone ke kamera ponsel, maupun sebaliknya.

Namun, baru pengguna iPhone yang bisa menjajal kemampuan ini. Pengguna Periscope di Android belum dapat mengintegrasikan aplikasinya dengan drone

Inisiasi ini merupakan upaya lanjutan Periscope untuk memperluas cakupan live-streaming, sebagaimana dilaporkan VentureBeat dan dihimpun KompasTekno, Selasa (10/5/2016).

Sebelumnya, Periscope telah menggandeng GoPro agar pengguna tak melulu menyiarkan video via smartphone, tapi juga melalui camera action. Mekanismenya mirip dengan live-streaming via drone.

Tampaknya Periscope menjadi tumpuan Twitter untuk menumbuhkan bisnisnya. Di tengah stagnannya pertumbuhan mikroblog Twitter, Periscope bagaikan oase yang menyegarkan.

Laporan Maret lalu menyebutkan, sudah ada 200 juta video yang disiarkan melalui Periscope di tahun pertamanya. Setengah dari jumlah tersebut diraup pada kuartal pertama 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com