Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah Lawan Facebook, Petinggi Face Book Marah

Kompas.com - 10/05/2016, 20:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com — Facebook memenangkan kasus merek dagang alias trademark, melawan pabrikan makanan asal China bernama "Face Book".

Hal tersebut ditetapkan hakim di Pengadilan Tinggi Beijing melalui putusan resminya. Face Book harus mengganti merek dagangnya jika ingin tetap beroperasi di China.

Sebab, Face Book baru didaftarkan pada 2014, sedangkan Facebook sudah ada sejak 2004. Walaupun China telah mengeblok Facebook sejak 2009 hingga sekarang, nama besar jejaring sosial tersebut tetap populer di Negeri Tirai Bambu.

Putusan hakim tentu mengecewakan Face Book. Salah satu pejabat perusahaan itu pun sampai marah. "Jika nama kami ilegal, kenapa awalnya kami diizinkan untuk mendaftarkan nama tersebut?" ia bertanya, sebagaimana dilaporkan CNBC dan dihimpun KompasTekno, Selasa (10/5/2016).

"Jika merek Facebook sangat berpengaruh secara global, kenapa masyarakat China tak bisa mengakses situsnya?" ia menambahkan.

Sebelumnya, kasus serupa juga dialami Apple. Vendor asal Cupertino tersebut berseteru dengan pabrikan case kulit asal China bernama "IPHONE".

Baca: Apple Gagal Dapatkan iPhone di China

Berbeda dengan Facebook, Apple tak memenangi perkara. Sebab, ponsel iPhone buatan Apple baru masuk di China pada tahun 2009, sedangkan IPHONE sudah mendaftarkan merek dagangnya sejak 2007. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com