Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Google Translate Semakin Pintar

Kompas.com - 12/05/2016, 15:04 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna Google Translate di perangkat mobile kini bisa menerjemahkan kata asing tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Hal ini dimungkinkan fitur "Tap-To-Translate" yang baru diluncurkan hari ini, Kamis (12/5/2016).

Selama ini, saat menerima pesan asing pada aplikasi chat atau e-mail, pengguna harus melakukan beberapa tahapan untuk memahami makna pesan dan membalasnya.

Pertama-tama, pengguna harus menyalin pesan. Setelahnya, pengguna keluar dari aplikasi chat dan membuka aplikasi Google Translate untuk menerjemahkan pesan tersebut.

Langkah berikutnya, pengguna mengetik pesan balasan pada Google Translate untuk menerjemahkannya ke bahasa asing yang dimengerti lawan bicara. Terakhir, barulah pengguna kembali ke aplikasi chat untuk menyalin pesan balasan.

Setidaknya ada enam tahapan yang perlu dilakukan hanya untuk membalas satu pesan. Hal ini bisa membuang waktu dan energi yang lebih tepat dialokasikan untuk pekerjaan lain.

Tap-To-Translate hadir sebagai solusi keruwetan tersebut. Pengguna cukup memblok pesan berbahasa asing yang diterima via aplikasi chat semacam WhatsApp dan Google Hangouts.

Selanjutnya, ikon Google Translate akan menyempil di aplikasi tersebut untuk menawarkan bantuan penerjemahan. Pengguna cukup menekan ikon itu dan memilih bahasa yang ingin diterjemahkan. Bisa dikatakan, Google Translate semakin pintar dan mempermudah pengguna untuk menerjemahkan bahasa.

Dengan begitu, pengguna tak perlu bolak-balik membuka dan menutup aplikasi hanya untuk mencari arti bahasa asing.

"Anda bisa menerjemahkan e-mail, chatting, dan dokumen dengan lebih praktis. Ini akan sangat membantu," kata Product Manager Google Translate Julie Cattiau kepada KompasTekno melalui video call di Kantor Google Indonesia, Jakarta.

Untuk sementara, fitur Tap-To-Translate yang benar-benar baru hanya bisa dinikmati pengguna Android. Belum jelas kapan kemampuan itu bisa turut dirasakan pengguna iOS.

Lebih hemat memori

Selain Tap-To-Translate, ada dua pembaruan lain di aplikasi mobile Google Translate. Pertama, pengguna iOS sudah bisa menjajal Google Translate secara offline. Sebelumnya, kemampuan itu tersedia eksklusif bagi pengguna Android.

Kemampuan offline itupun kini lebih ramah untuk memori smartphone. Dulunya, pengguna harus mengunduh 52 bahasa sekaligus yang tersedia di Google Translate secara online, untuk menikmatinya di kala offline.

"Sekarang pengguna cukup download bahasa sesuai kebutuhan aja. Misalnya butuhnya cuma dua atau tiga bahasa, ya nggak perlu download semuanya," kata Head of Communications Consumer Google and Youtube Indonesia, Putri Silalahi, pada kesempatan yang sama.

Pembaruan kedua adalah peningkatan fungsi camera functionality. Kini, tulisan China juga bisa diterjemahkan hanya dengan membidik huruf melalui aplikasi Google Translate.

Semua pembaruan pada Google Translate 5.0 ini sudah bisa dinikmati beberapa pengguna yang beruntung. Sisanya masih harus bersabar hingga besok atau setidaknya sampai akhir pekan ini.

Tentunya, pengguna harus memperbarui layanannya ke versi teranyar melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com