Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Laptop, Opera Klaim Lebih Hemat Baterai dari Chrome

Kompas.com - 13/05/2016, 13:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Opera meluncurkan fitur hemat daya alias power saver pada browser versi desktop. Fitur tersebut diklaim mampu menghemat baterai laptop hingga 50 persen dibandingkan ketika pengguna menggunakan Google Chrome.

Klaim tersebut bersumbu pada hasil uji yang dilakukan Opera pada laptop Lenovo X250, yang ditenagai dengan Core i7-5600U, RAM 16GB, dan Windows 10 64-bit.

Cara pengujiannya seperti ini. Pertama-tama, dalam keadaan baterai penuh, penguji membuka Google Chrome untuk mengakses 11 situs populer secara bersamaan pada tab terpisah.

Lalu, tiap situs dijelajahi hingga lima kali dan akhirnya dibiarkan selama semenit. Tes tersebut diulang sampai laptop benar-benar kehabisan baterai.

Berikutnya, pengujian serupa juga dilakukan pada peramban Opera yang sudah mengaktifkan mode hemat baterai. Pada keterangan pers yang diterima KompasTekno, Jumat (13/5/2016), Opera teruji mampu berjalan tiga jam lebih lama ketimbang Google Chrome.

Penghematan yang cukup signifikan itu terjadi berkat beberapa optimasi layanan, yakni mengurangi aktivitas dari tab latar belakang, menyesuaikan page-drawing frequency, dan pengaturan parameter video playback.

Cara mengaktifkan mode hemat daya cukup sederhana. Setelah charger laptop dicabut, ikon baterai akan muncul di sebelah kolom pencarian di peramban Opera. Pengguna hanya perlu mengklik ikon baterai itu.

Saat baterai menipis, Opera juga bakal otomatis menyarankan pengguna untuk mengaktifkan mode hemat daya.

Fitur ini baru dirilis dalam versi pengembang. Untuk menjajalnya, pengguna bisa mengunduh versi Opera tersebut melalui tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com