Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Akan Ubah Panorama Jadi Foto 360

Kompas.com - 13/05/2016, 15:25 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Facebook semakin gencar mempromosikan virtual reality (VR). Jejaring sosial terbesar ini bakal merilis sebuah fitur yang menyulap foto panorama menjadi 360 derajat, yang bisa dinikmati menggunakan perangkat VR.

Seperti apa bentuknya? Fitur ini akan mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto panorama biasa. Setelah itu, sistem akan mengubah secara otomatis foto tersebut menjadi 360 derajat.

Nantinya, foto-foto hasil perubahan tersebut akan langsung ditampilkan di linimasa untuk dinikmati pengguna.

Selanjutnya, pengguna cukup memakai headset VR dan klik salah satu foto tersebut. Foto panorama yang sebelumnya datar dan hanya terlihat horizontal akan berubah menjadi 360 derajat.

Seperti lazimnya foto 360 derajat, pengguna bisa melihatnya dari bagian kanan, kiri, atas, dan bawah.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (13/5/2016), cara ini membuat pengguna bisa lebih leluasa membuat konten 360 derajat atau VR.

Menariknya, pengguna tidak perlu menggunakan alat rekam 360 derajat khusus untuk fitur ini. Pengguna cukup menggunakan smartphone biasa, seperti iPhone atau berbasiskan Android. Selain itu, pengguna bisa juga memakai aplikasi kamera 360 derajat yang banyak beredar.

Seperti diketahui, Facebook memang sedang gencar mempromosikan VR. CEO Facebook Mark Zuckerberg meyakini bahwa VR adalah masa depan teknologi dan tren berikutnya.

Tak cuma Facebook, perusahaan besar lain seperti Samsung, Google, dan HTC pun membuat berbagai perangkat untuk menikmati dunia virtual. Mulai dari sekadar foto, hingga video dan game yang bisa dilihat 360 derajat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com