Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPod Lawas Bisa Dijual Rp 93 Jutaan di e-Bay

Kompas.com - 16/05/2016, 09:50 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Layaknya figurin Star Wars dari tahun 80-an atau kartu baseball tahun 60-an, pemutar musik iPod Classic dari Apple rupanya telah menjadi barang koleksi.

Hal ini tercermin lewat harga iPod model-model lawas yang dipajang di situs lelang internet, e-Bay, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Senin (16/5/2016).

iPod shuffle generasi ketiga yang masih dalam kemasan disegel? Harganya 1.000 dollar AS atau lebih dari Rp 13 juta. Semakin tua dan semakin bagus kondisinya, harga bakal makin mahal.

iPod mini generasi pertama, misalnya, dibanderol 2.500 dollar AS atau sekitar Rp 33 jutaan. Model-model special edition dihargai lebih tinggi lagi, seperti iPod generasi ke-4 special edition U2 berwarna merah dan hitam yang dijual 7.000 dollar AS atau sekitar Rp 93 jutaan.

Padahal, umur iPod relatif masih “muda” untuk ukuran barang koleksi. Pemutar musik ini pertama kali dilempar ke pasaran 15 tahun lalu pada 2001.

Keputusan Apple untuk menghentikan produksi iPod Classic pada September 2014 lalu rupanya membuat harga perangkat ini melonjak tinggi, termasuk model-model akhir.

Selain itu, harga pernak-pernik lain yang berkaitan dengan iPod juga mengalami kenaikan, misalnya poster iklan untuk iPod generasi pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com