Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Terkaya Ketiga Sejagat Mau Beli Yahoo?

Kompas.com - 16/05/2016, 10:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com — Setelah Google dan Verizon, kini giliran CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett, dikabarkan tertarik meminang bisnis internet Yahoo.

Laporan Reuters yang dirangkum KompasTekno, Senin (16/5/2016), menyebutkan bahwa investor sukses berjulukan "Oracle from Omaha" itu menyokong sebuah konsorsium untuk mengajukan tawarannya.

Yahoo, perusahaan teknologi yang sedang didera kesulitan keuangan, tengah melego aset-aset bisnis utamanya.

Bulan lalu, dalam sesi first round bid, lebih dari 10 penawar telah mengajukan tawaran pembelian dengan nilai bervariasi antara 4 miliar dollar AS hingga 8 miliar dollar AS.  Kebanyakan tawaran ini berasal dari firma private equity.

Penawar-penawar ini bakal diseleksi lebih lanjut, kemudian diberikan data soal kesehatan finansial Yahoo untuk evaluasi kemungkinan investasi.

Warren Buffet

Buffett sendiri merupakan orang terkaya ketiga di dunia dengan harta sejumlah 60,8 miliar dollar AS, menurut daftar yang dilansir oleh Forbes, Maret lalu.

Dalam sebuah wawancara awal bulan ini, Buffett mengatakan, bisnis Yahoo telah mengalami penurunan signifikan. Perusahaan itu disebutnya harus "melakukan perubahan", tetapi dia tak mengutarakan niat untuk membeli Yahoo.

Yahoo pernah menjadi salah satu primadona internet, tetapi belakangan meredup karena kalah bersaing dengan perusahaan lain dan masalah manajemen.

Pada Februari, CEO Yahoo Marissa Mayer mengumumkan rencana merumahkan 1.700 karyawan sekaligus menjual aset-aset bisnis utama perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com