Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Perkenalkan Spaces, Aplikasi Messaging “Serba Ada”

Kompas.com - 17/05/2016, 13:25 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Menjelang konfensi developer I/O 2016 bulan ini, Google memperkenalkan sebuah aplikasi baru bernama Spaces untuk pengguna mobile dan desktop.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (17/5/2016), Spaces adalah aplikasi messaging “serba ada” yang dirancang untuk group chat.

Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas untuk saling berbagi aneka konten dengan mudah tanpa harus keluar dari aplikasi ataupun melakukan copy-paste dari aplikasi lain.

Ini karena Spaces sudah dilengkapi dengan Google Search, YouTube, dan peramban Chrome terintegrasi.

Pengguna pun bisa langsung mencari hal-hal seperti foto, video, atau artikel di internet dan menampilkannya dalam obrolan tanpa perlu meninggalkan Spaces (untuk membuka browser, misalnya).

“Anda bisa menciptakan ruang (space) dengan satu klik dengan topik apapun, lalu mengundang orang lain ke dalamnya via pesan instan, e-mail, media sosial, atau cara lain yang diinginkan,” tulis product director Spaces, Luke Wroblewski, dalam sebuah posting blog.

Google Pengguna Spaces bisa langsung mencari konten di internet lewat dukungan Search, YouTube, dan Chrome terintegrasi, lalu langsung membagikannya dalam obrolan grup

Menurut Wroblewski, dengan fasilitas-fasilitas yang dimiliknya seperti tersebut di atas, Spaces bisa membuat para anggota groupchat lebih fokus pada topik percakapan.

“(Sebelum Spaces hadir) Berbagi konten biasanya melibatkan berpindah-pindah antar aplikasi dan copy-paste tautan,” ujar Wroblewski. “Topik pikiran seringkali hilang ditimbun segala macam obrolan dan tak mudah ditemukan kembali.”

Spaces saat ini mulai tersedia untuk platform Android, iOS, desktop, dan mobile web. Sebelum bisa menggunakan Spaces, pengguna harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu.

Seberapa efektif konsep obrolan grup “serba ada” yang diusung oleh Spaces? Google berniat mendemonstrasikannya dalam konferensi I/O 2016, tanggal 18 hingga 30 Mei mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com