Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Jualan Barang di Hasil Pencarian Gambar

Kompas.com - 18/05/2016, 06:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google mulai menyisipkan iklan suatu barang di halaman pencarian gambar di Search. Ke depannya, saat mencari gambar barang tertentu, pengguna juga bakal disodorkan informasi harga dan referensi tempat membelinya, mirip halaman toko jual beli online.

Inisiatif ini ditujukan untuk memudahkan pengguna membeli barang yang diinginkan. Pasalnya, antarmuka pencarian gambar akan langsung menampilkan harga dan merchant yang menjual barang.

Cukup tekan tautan di bawah gambar, lalu Google akan membawa pengguna langsung ke situs merchant untuk melihat lebih banyak barang terkait.

DigitalTrends Google sisipkan iklan pada pencarian gambar

"Mau mencari sofa baru atau perhiasan, orang-orang cukup belanja lewat smartphone mereka," kata perwakilan tim Google Shopping Jonathan Alferness, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Rabu (18/5/2016).

Google mengklaim sistem iklan pada platform-nya menguntungkan semua pihak. Pengguna lebih mudah membeli barang, pedagang lebih gampang menjual, dan Google sebagai wadah juga mendapat komisi.

Sebelumnya, iklan di mesin pencari hanya tertera pada tab 'All' dan tab 'Shopping'. Menurut Google, keterlibatan tab 'Images' akan menambah pilihan cara beriklan.

Untuk sementara, karena masih dalam masa uji coba, kemampuan ini masih eksklusif terbatas bagi beberapa pengguna aplikasi mobile Google. Dalam waktu dekat, kemampuan serupa juga bakal diboyong untuk layanan Google Search di desktop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com