Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Ikan, Facebook Diblokir

Kompas.com - 18/05/2016, 11:51 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Facebook diblok di Vietnam selama sepekan. Alasannya terkait aksi protes masyarakat ke pemerintah, menyusul insiden kematian ikan massal di sepanjang area perairan di Ha Tinh, Central Coast, Vietnam.

Berton-ton ikan dilaporkan mati, termasuk spesies langka dan spesies yang tinggal di dasar laut. Masyarakat yakin insiden tersebut disebabkan racun dari limbah manufaktur asal Taiwan, Formosa Plastics. Lokasi pabrik itu memang berdekatan dengan Central Coast.

Lebih jauh, masyarakat juga khawatir limbah beracun itu bakal berimbas pada air yang dikonsumsi sehari-hari. Lalu, apa hubungan signifikannya dengan Facebook?

Masyarakat ternyata paling gencar menyuarakan protes ke pemerintah lewat Facebook, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Rabu (18/5/2016).

Tak cuma protes individu, namun juga berkelompok. Masyarakat berkolaborasi menuntut kebijakan tegas dari pemerintah soal izin operasi pabrik tersebut di Negeri Lumbung Padi.

Saat dikonfirmasi, pemerintah mengelak kematian ikan yang terjadi tiba-tiba itu disebabkan aktivitas pabrik Formosa. Menurut juru bicara pemerintahan, hal itu disebabkan ledakan alga beracun dari bawah laut.

Hal itu seakan diiyakan Formosa. Pabrikan tersebut enggan dituduh sebagai penyebab insiden yang membuat masyarakat marah.

Belum jelas hingga kapan Facebook akan diblok di Vietnam. Sebelumnya, akses Facebook juga beberapa kali dilarang di Vietnam dengan beragam alasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com