Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Ponsel di Toko Online Terbantu "New Buyer"

Kompas.com - 19/05/2016, 17:12 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Laporan kuartal pertama 2016 menunjukkan penjualan smartphone global hanya tumbuh 0,2 persen. Angka itu adalah yang terendah sepanjang sejarah.

Di tengah kelesuan tersebut, Blibli mengklaim penjualan smartphone lewat situs jual beli online-nya masih tinggi. Bahkan, menjelang Ramadhan 2016, Blibli menargetkan penjualan smartphone naik dua kali lipat dibandingkan bulan lainnya.

"Kalau dilihat dari industrinya memang smartphone sedang tertekan. Tapi kalau dari segi e-commerce pasti tetap meningkat karena banyak new buyer," kata Senior Digital Marketing Blibli.com Tabah Yudhananto, Kamis (19/5/2016), usai acara "Ramadhan Indonesia: Wawasan dan Rekomendasi", di Kantor Google Indonesia, Jakarta.

Tahun 2015 lalu, 80 persen dari total pembelanja online di Indonesia adalah new buyer atau orang yang baru pertama kali membeli online. Artinya, pertumbuhan penetrasi dari 2014 ke 2015 sangat signifikan.

Para pelaku e-commerce memprediksi pertumbuhan yang lebih agresif untuk 2016 ini. Terlebih, data terakhir Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 100 juta orang per Mei 2016.

"Kuenya masih sangat besar untuk memberi kesempatan e-commerce bertumbuh," kata pria yang kerap disapa Anto.

Terlepas dari minimnya penjualan smartphone global, Anto menilai kategori perangkat tersebut masih menjadi andalan dibandingkan gadget lainnya. Di Blibli sendiri, smartphone merek Samsung adalah yang paling banyak diminati.

Meski begitu, Anto enggan mengungkap nilai transaksi ril produk smartphone di Blibli. Yang pasti, menjelang Ramadhan, Blibli fokus memasarkan produk di lima sektor, yakni fesyen, kecantikan, smartphone, telekomunikasi, dan makanan.

Kelimanya digadang-gadang sebagai sektor basah selama bulan Ramadhan dari tahun ke tahun. Secara keseluruhan, Blibli menargetkan peningkatan transaksi penjualan hingga lima kali lipat pada Ramadhan tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com