Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengecek dan Memperkuat Sinyal di Android dan iPhone

Kompas.com - 22/05/2016, 18:26 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Adakalanya saat sedang menelepon rekan atau berinternet, tiba-tiba koneksi putus. Setelah dicek, ternyata sinyal operator yang digunakan melemah.

Selain melihat jumlah bar sinyal di ponsel, ada cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal tersebut.

Bila menggunakan Android, cukup masuk ke dalam Setting, About lalu klik Network. Selanjutnya kekuatan sinyal akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Bila menggunakan iPhone, berdasarkan pengalaman KompasTekno, cobalah untuk menekan *3001#12345# pada dial pad. Anda akan dibawa masuk ke menu Field Test dan bar sinyal akan berubah menjadi satuan dBm.

Sinyal pada -100 dBm menandakan Anda mendapatkan sinyal kualitas terburuk. Sedangkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyal ponsel sudah baik.

Nah, setelah punya akses untuk mengecek kekuatan sinyal, cobalah beberapa langkah berikut ini untuk mendapatkan sinyal terbaik yang bisa Anda dapatkan.

1. Buat peta sinyal

Seandainya Anda sedang berada di dalam rumah, buatlah sebuah denah rumah dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal.

Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang kamu dapatkan di sana. Tandai setiap titik di peta.

Dengan cara demikian kamu mudah menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal kuat. Setiap kali akan menelepon, lakukanlah di titik tersebut sehingga suaranya jernih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com