Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motorola Bikin Android Layar Lipat?

Kompas.com - 23/05/2016, 17:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Moto (dahulu Motorola) disebut-sebut akan membuat ponsel Android dengan desain lipat (clamshell). Indikasi ini muncul lewat iklan video teaser yang dirilis Lenovo, perusahaan induk Moto.

Lewat video berdurasi 45 detik itu, Lenovo mengajak masyarakat bernostalgia ke era 2000-an awal. Motorola memamerkan ponsel bikinannya yang terpopuler, yakni RAZR V3.

Motorola memang belum mengumumkan akan merilis Android bergaya lipat. Namun, melalui teaser video terbaru tersebut, terutama dengan memamerkan V3, anak perusahaan Lenovo itu seakan-akan mengindikasikan akan ada ponsel Android lipat.

Seri RAZR V3 menjadi salah satu ponsel tertipis di tahun 2004. Ponsel lipat tersebut saat itu terjual lebih dari 100 juta unit, sebelum iPhone akhirnya populer.

Situs Wikipedia bahkan memasukkan Motorola RAZR V3 sebagai ponsel terlaris nomor sembilan sepanjang masa.

Kini, setelah diakuisisi oleh Motorola, ponsel Motorola yang telah mengadopsi OS Android, yaitu Moto X tidak secemerlang RAZR kala itu.


Ide untuk membuat ponsel Android model lipat memang bukan kali ini saja muncul. Duo pabrikan elektronik Korea Selatan, LG dan Samsung sudah sama-sama memiliki portfolio ini.

LG memiliki ponsel Android LG Ice Cream di awal 2015 lalu. Sementara Samsung memperkenalkan Android layar lipat W789 dengan nama sandi Hennessy di akhir 2015. Namun, kedua ponsel Android layar lipat itu sekadar dijadikan alat untuk menguji pasar saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com