Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Aplikasi Android Terpopuler Sepanjang Zaman

Kompas.com - 23/05/2016, 20:24 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com — Pada 6 Maret 2012, toko aplikasi Android Google Play Store resmi diluncurkan agar platform "robot hijau" tersebut bisa bersaing secara lebih kompetitif dengan Apple App Store.

Dalam jangka waktu empat tahun setelah kemunculannya, aplikasi-aplikasi Android di Play Store telah berkembang pesat. Jumlahnya kini mencapai kisaran 2 juta.

Dari jumlah itu, apa saja aplikasi yang paling populer di kalangan para pengguna Android? Lembaga riset App Annie coba menemukan jawabannya dengan menelusuri data selama empat tahun terakhir.

Hasilnya, daftar 10 aplikasi Android yang paling banyak diunduh di PlayStore, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Senin (23/5/2016), ternyata didominasi oleh Facebook yang empat aplikasinya menguasai urutan-urutan teratas.

Di bawah Facebook, barulah menyusul aplikasi-aplikasi lain, seperti utility Clean Master dan Flashlight, serta media sosial dan aplikasi komunikasi lainnya.

"Semua aplikasi ini diluncurkan pada akhir 2011 atau 2012. Mereka telah mengumpulkan basis pengguna global yang besar," tulis App Annie dalam laporannya.

Berikut ini adalah daftar selengkapnya.


1. Facebook
2. WhatsApp
3. Facebook Messenger
4. Instagram
5. Clean Master
6. Skype
7. Line
8. Viber
9. Twitter
10. Flashlight by Surpax

Urutan berdasarkan pendapatan

Daftar di atas akan terlihat berbeda apabila dilihat dari segi besar pendapatan yang bisa diperoleh. Menurut App Annie, soal menghasilkan uang, aplikasi-aplikasi bikinan Line adalah yang paling dominan.

"Pendapatan lebih terkonsentrasi di sebuah negara untuk tiap aplikasi, dibandingkan download. Jepang memimpin kontribusi pendapatan di balik 6 dari 10 aplikasi dalam daftar," sebut App Annie.

Selain Line, daftar 10 aplikasi yang paling menghasilkan uang di Google Play Store turut menyertakan kategori game dan kencan. Berikut ini selengkapnya.

1. Line
2. Line Play
3. Line Manga
4. Pandora Radio
5. Kakao Talk
6. Gree
7. Pokemini
8. Dragon Quest X Adventurer’s Convenient Outing Tool
9. Lovoo
10. Tinder

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com