Siapa Suzanne Lenglen yang Jadi Google Doodle Hari Ini? - Kompas.com

Siapa Suzanne Lenglen yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Deliusno
Kompas.com - 24/05/2016, 06:43 WIB
Google Google Doodle menampilkan animasi gerakan tenis Suzanne Lenglen, Selasa (24/5/2016)

KOMPAS.com - Halaman utama Google pada Selasa (24/5/2016) dihiasi dengan doodle untuk memperingati hari ulang tahun ke-117 dari petenis wanita asal Perancis, Suzanne Lenglen.

Google membuat animasi gerakan Suzanne Lenglen yang sedang bermain tenis. Latar belakang doodle ini didominasi dengan warna dasar hijau, seperti lapangan rumput tenis. Di bagian belakang terdapat tulisan Google.

Siapa sebenarnya Suzanne Lenglen yang dijadikan Google Doodle hari ini?

Jika mendengar soal tenis wanita, siapa yang ada di benak Anda saat ini? Sebagian besar dari Anda, mungkin, akan menyebut nama Serena Williams atau Maria Sharapova. Nah, Suzanne Lenglen itu bisa dikatakan salah satu juara tenis yang paling berpengaruh, jauh sebelum dua petenis wanita tersebut.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mirror, selama karirnya, dari 1914 hingga 1926, Suzanne Lenglen berhasil mendapatkan 31 gelar kejuaraan dan mendominasi dunia tenis wanita.

Petenis flamboyan ini dinobatkan menjadi selebrita wanita tenis pertama. Gayanya yang keras bahkan mampu mengubah dunia olahraga tenis kala itu.

"Dia meruntuhkan batasan melalui permainannya yang penuh gairah, pakaian yang tidak tradisional, dan cara berdiri yang melawan formalitas olahraga tersebut," tulis Google.

Pada tahun 1925, Suzanne Lenglen membintangi film bisu pendek mengenai cara bermain tenis.

Karir Suzanne Lenglen harus berakhir pada tahun 1938. Petenis wanita yang disegani itu berhenti karena penyakit leukemia yang dideritanya. Tiga minggu setelah didiagnosa, ia menjadi buta.

Suzanne Lenglen meninggal pada 4 Juli 1938.

PenulisDeliusno
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM