Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows Phone dan BlackBerry Hampir "Lenyap" dari Pasaran

Kompas.com - 24/05/2016, 11:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PCWorld

KOMPAS.com - Data terbaru dari firma riset Gartner yang dirilis minggu lalu menunjukkan bahwa angka penjualan ponsel secara global mengalami kenaikan sebesar 3,9 persen menjadi 349 juta unit pada kuartal pertama 2016, dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Pangsa pasar global platform Android dan Apple ikut tercatat naik, masing-masing menjadi 84,1 persen dan 14,8 persen.

Namun, sebagaimna dirangkum KompasTekno dari PC World, Selasa (24/5/2016), hal sebaliknya terjadi pada platform Windows Phone dan BlackBerry yang masing-masing menurun drastis.

Ponsel Windows Phone yang terjual sepanjang kuartal-I 2016 hanya sebanyak 2,39 juta unit dengan pangsa pasar 0,7 persen, sementara penjualan BlackBerry hanya berkisar di angka 659.000 unit dengan pangsa pasar 0,2 persen.

Gartner Data Gartner untuk pangsa pasar platform smartphone global, kuartal pertama 2016

Dengan kata lain, Windows Phone dan BlackBerry hampir “lenyap” dari pasaran smartphone dengan pangsa pasar gabungan keduanya kurang dari 1 persen. Keduanya mencatat penurunan pangsa pasar yang signifikan dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Laporan IDC mengenai kondisi terakhir Windows Phone dan BlackBerry ini datang di tengah-tengah pemberitaan soal rencana Microsoft menjual bisnis feature phone ke anak perusahaan Foxconn minggu lalu.

Oppo masuk lima besar

Dari segi pabrikan smartphone, Samsung tercatat masih menguasai pasaran smartphone dengan angka penjualan lebih dari 81 juta unit pada kuartal pertama 2016. Pangsa pasarnya tercatat sebesar 23,2 persen.

Di bawahnya menyusul Apple sengan penjualan sebesar 51,6 juta unit, lebih rendah dibanding tahun sebelumnya sejumlah 17,9 juta unit.

Tatanan lima besar pabrikan smartphone berubah dengan masuknya nama vendor China, Oppo, pada urutan keempat setelah Huawei. Oppo mencatat kenaikan penjualan sebesar 145 persen dari kuartal pertama 2015.

Gartner Data Gartner untuk pangsa pasar vendor smartphone global, kuartal pertama 2016

Persis di bawahnya ada Xiaomi yang juga berasal dari Negeri Tirai Bambu. Ketiga vendor China ini (Huawei, Oppo, Xiaomi) menguasai pangsa pasar gabungan sebesar 17 persen.  

Vendor China lain, Lenovo, yang tahun lalu masih masuk urutan lima besar, tahun ini bahkan tidak termauk dalam daftar 10 besar menyusul penurunan penjualan sebesar 33 persen.

Di daratan China, penjualan Lenovo turun lebih dari 75 persen akibat kompetisi yang makin sengit dengan aneka brand lokal lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PCWorld
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com