Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok Toko Masa Depan Apple di San Francisco

Kompas.com - 24/05/2016, 19:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Lewat sebuah gerai yang baru dibuka di kota San Francisco, AS, Apple memperkenalkan konsep toko ritel masa depan untuk menjual aneka gadget besutannya.

Toko yang berlokasi di seberang taman Union Square ini berada di dalam gedung yang salah satu sisinya tidak tertutup tembok, melainkan panel-panel kaca dengan lebar dan tinggi lebih dari 12 meter.

Panel-panel kaca yang membentuk satu “jendela” besar itu membuat pengunjung seolah sedang berada di luar.

Apple juga menyediakan area outdoor berisi pohon-pohon serta sejumlah meja dan kursi untuk duduk santai.

Area outdoor yang dibuka 24 jam untuk publik ini rencananya bakal dipakai untuk mengadakan konser musik akustik secara live setiap akhir pekan, kalau cuaca mendukung.

Di dalam, aneka perangkat elektronik buatan Apple tersusun di atas perabot meja berwarna cokelat muda yang telah menjadi salah satu ciri khas toko ritel pabrikan gadget tersebut.

Lantai kedua yang juga mendapat pandangan langsung ke arah luar melalui panel kaca memuat sebuah “forum” berisi kursi dan meja serta sebuah layar yang mampu menampilkan video 6K.

“Forum” tersebut nantinya akan dijadikan ajang unjuk karya untuk tokoh kreatif setempat, tentu dengan tema-tema seputar Mac dan iOS. Ada juga fasilitas Wi-Fi yang bisa dipakai oleh pengunjung.

Nah, seperti apa persisnya toko baru Apple in? Simak penampakannya dalam foto-foto di bawah.

Wicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.com Sisi luar toko baru Apple di kota San Francisco, AS. Lokasinya berseberangan dengan taman Union Square

Wicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.com Panel-panel kaca membentuk jendela besar di salah satu sisi gedung. Di baliknya terdapat dua lantai toko. Jendela besar ini bisa dibuka dalam waktu 10 menit apabila cuaca sedang bagus.
Wicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.com Area forum yang dilengkapi layar video 6K di lantai kedua

Wicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.com Area utama tempat memajang aneka produk Apple
Wicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.com Area Genius Bar diganti dengan Genius Grove yang menyediakan lebih banyak tempat duduk
Wicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.com Area outdoor untuk duduk-duduk santai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com