Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tanda Microsoft Bakal Pensiunkan Lumia

Kompas.com - 25/05/2016, 14:16 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft menunjukkan tanda-tanda bakal pensiunkan Lumia. Hal tersebut terendus dari laporan keuangan yang dirilis raksasa software tersebut beberapa waktu lalu.

"Microsoft akan terus mengembangkan Windows 10 Mobile dan mendukung ponsel Lumia seperti Lumia 650, Lumia 950, dan Lumia 950 XL, dan ponsel dari rekanan OEM seperti Acer, Alcatel, HP, Trinity, dan Vaio," tulis Microsoft.

Dari pernyataan tersebut, terlihat bahwa Microsoft memang akan terus mengembangkan OS Windows 10 Mobile dan mendukung ponsel Lumia, serta yang dibikin oleh pihak ketiga.

Namun, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Senin (23/5/2016), tidak dikatakan bahwa Microsoft sedang mengembangkan Lumia baru.

Hal tersebutlah yang mengindikasikan bahwa Microsoft memang tidak akan melahirkan Lumia baru lagi.

Juru bicara Microsoft sendiri menolak berkomentar terhadap kemungkinan tersebut.

"Kami tidak memiliki suatu hal yang spesifik untuk dibagikan mengenai roadmap produk masa depan," tutur juru bicara tersebut.

Kabar mengenai berakhirnya lini produk Lumia sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak awal tahun 2016 ini. Perusahaan yang terkenal dengan produk OS Windows-nya ini dikatakan bakal beralih menggunakan brand baru, yakni Surface Phone.

Baca: Surface Phone Bakal Diperkuat Snapdragon 830?

Seri smartphone Lumia dari Microsoft tak kunjung berhasil meraih sukses di pasaran. Malahan, data kuartal ketiga tahun fiskal 2016 yang dirilis Microsoft menunjukkan penjualan ponsel berbasis Windows Phone tersebut kembali menurun.

Penjualan smartphone Lumia di kuartal terakhir itu tercatat sebesar 2,3 juta unit, turun dari angka 4,5 juta unit di kuartal sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com