Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Ingin Pengguna Android Melupakan Password

Kompas.com - 25/05/2016, 16:27 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Google tampaknya ingin membuat para pengguna Android melupakan password, yang terkadang memang bisa bikin ribet. Hal ini terbukti dari diperkenalkan ulang Project Abacus.

Apakah itu sebenarnya Project Abacus? Ini merupakan sebuah inovasi yang membuat pengguna Android bisa log in atau masuk ke berbagai aplikasi tanpa memakai password.

“Kita sama-sama memiliki ponsel yang dibekali dengan banyak sensor. Jadi kenapa tidak membuat ponsel tersebut mengenali pemiliknya sehingga kita tidak perlu memakai password?” ujar Daniel Kaufman, kepala divisi Advanced Technology and Projects (ATAP), di konferensi Google I/O 2016 beberapa waktu lalu.

ATAP sendiri merupakan divisi yang bertanggung jawab terhadap pengembangan Project Abacus tersebut.

Lebih lanjut, walau disebut tanpa password, sebenarnya tetap ada sistem pengamanan yang dibekali di ponsel.

Sistem pengamanan tersebut bekerja dengan memanfaatkan sensor yang ada. Ia bakal membaca sejumlah pola dan sinyal. Misalnya mengenali pola pengetikan, cara berjalan, lokasi pengguna secara real time, dan berbagai variabel lain. Pola-pola seperti itulah yang akan digunakan sebagai password.

Sederhananya, sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (25/5/2016), Anda dapat membayangkan fitur Smart Lock yang saat ini sudah dipakai oleh Android 5.0 dan versi lain di atasnya.

Smart Lock merekam lokasi yang Anda tandai via Bluetooth sebagai wilayah aman. Saat fitur tersebut membaca bahwa ponsel berada di lokasi aman, maka kunci sistem akan otomatis terbuka.

Nah, proyek Abacus ini bekerja dengan cara yang mirip namun lebih canggih. Abacus berjalan secara tersembunyi dan mengumpulkan segala informasi mengenai Anda untuk membuat Trust Score, kunci pembuka aplikasi atau ponsel.

Google juga merancang agar Trust Score memiliki tingkatan. Tingkatan paling rendah akan disematkan sebagai kunci untuk mengunci aplikasi game dan sejenisnya, sedangkan tingkatan paling tinggi dibutuhkan untuk mengunci aplikasi perbankan.

Masih belum jelas kapan Google akan mengaplikasikan Project Abacus. Jika berjalan sesuai rencana developer sudah bisa mencobanya akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com