Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Indosat Hadapi Masa Ramadhan 2016

Kompas.com - 26/05/2016, 07:48 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo menyatakan kesiapan jaringannya menyambut masa Ramadhan dan mudik Lebaran 2016, baik untuk komunikasi suara, SMS, maupun data.

Hal tersebut dipastikan setelah operator seluler itu melakukan peningkatan kapasitas jaringan dan pemantauan kualitas jaringan melalui Network Operation Center (INOC) sebagai Command Center.

Dalam keterangan tertulis yang KompasTekno terima, Kamis (26/5/2016), operator yang identik dengan warna kuning itu mengklaim telah meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang per hari.

Sementara, untuk kapasitas SMS telah ditingkatkan menjadi 4 miliar SMS per hari. Untuk layanan data, Indosat telah meningkatkan kapasitas data menjadi 6.389 TeraByte per hari.

Kapasitas ini disiapkan untuk 69,8 juta pelanggan yang didukung melalui 52.326 BTS di seluruh Indonesia.

"Kami telah menyiapkan jaringan telekomunikasi kami untuk menghadapi potensi lonjakan trafik telekomunikasi pada masa Ramadhan dan mudik Lebaran 2016," ujuar Achmad Abimanyu, Group Head Network Operations Indosat Ooredoo.

"Peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah melalui program modernisasi jaringan serta penggelaran jaringan 4G LTE di berbagai kota, kami yakin pelanggan dan masyarakat akan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar," imbuhnya.

Indosat sendiri memprediksi bakal ada lonjakan layanan suara dan data masing-masing sebesar 12 persen dan 80 persen.

Adapun trafik SMS diprediksi malah turun 12 persen dari tahun lalu seiring dengan tingginya tren penggunaan sosial media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com