Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mengatasi WhatsApp Error "Layar Putih" di iPhone

Kompas.com - 26/05/2016, 13:48 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp dikeluhkan tidak bisa diakses oleh sejumlah pengguna iPhone sejak Rabu (25/5/2016) sore kemarin. layar antarmuka WhatsApp hanya menampilkan warna putih saja.

Walau pihak WhatsApp dan Apple belum memberikan penjelasan secara resmi terkait error aplikasi itu, namun situs MakeMac seperti dikutip KompasTekno, Kamis (26/5/2016) menemukan solusi sementara untuk mengatasi error WhatsApp di iOS.

Menurut situs MakeMac, ada dua cara sederhana untuk membereskan masalah akses WhatsApp versi terbaru di iOS ini.

Pertama, matikan semua knob (geser ke kiri) pengaturan Permission yang bisa diakses melalui menu Settings – WhatsApp. Matikan semua pilihan yang mengizinkan WhatsApp mengakses beberapa fitur di ponsel, seperti Locations, Contacts, Photos, Camera, dan sebagainya.

Cara ini sebelumnya dibagikan oleh sejumlah pengguna iPhone di Twitter. KompasTekno pun sudah mencoba dan berhasil.

Cara kedua adalah menghapus aplikasi WhatsApp dari perangkat iOS kemudian melakukan proses instalasi lagi dari toko aplikasi App Store.

Namun, cara kedua ini disebut MakeMac akan membuat history pesan WhatsApp pengguna terhapus, jika sebelumnya tidak pernah melakukan backup ke iCloud atau komputer Mac.

Seperti diberitakan sebelumnya, menurut pengakuan sejumlah pengguna iPhone di Twitter, error di WhatsApp itu terjadi setelah mereka meng-update aplikasi WhatsApp ke versi paling baru.

Baca: Pengguna iPhone Keluhkan Tidak Bisa Akses WhatsApp

Sebagian besar pengguna iPhone yang mengklaim mendapatkan masalah ini adalah pengguna iOS versi 9.3.2 dengan versi WhatsApp terbaru (2.16.4).

Namun ada juga beberapa pengguna iOS 9.3.1 yang menggunakan WhatsApp terbaru dan mengalami masalah serupa.

Hingga berita ini dinaikkan, belum ada penjelasan resmi dari WhatsApp maupun Apple tentang error di WhatsApp ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com