Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akankah Smartfren Bikin Paket "True Unlimited" Lagi?

Kompas.com - 27/05/2016, 10:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Smartfren Telecom, Tbk. (Smartfren) tak menutup kemungkinan untuk merilis paket True Unlimited lagi. Paket yang dimaksud berbeda dengan unlimited yang ada sekarang, karena tanpa batas fair usage policy (FUP).

“Ya bisa saja nanti dibuat lagi paket unlimited sepeti itu (tanpa FUP). Hanya saja itu sebagai promo,” ujar Vice President Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo saat bincang dengan KompasTekno di sela Uji Jaringan Smartfren Yogyakarta, Kamis (26/5/2016).

“(Paket True Unlimited) tak mungkin terus-terusan lah, karena itu kan ibarat kami buka keran sampai full, keluar semua tapi tak ada yang didapat. Kami mesti melakukan penghitungan juga,” imbuhnya.

Baca: Hentikan True Unlimited, Smartfren Tak Takut Pelanggan Pindah ke Bolt

Paket True Unlimited, lanjut Munir, sebenarnya sama saja dengan menggratiskan layanan. Operator mana pun di dunia tidak akan bisa memberikan hal itu, karena tentu saja mereka membutuhkan pendapatan supaya bisnisnya tetap berjalan.

Dia yakin, pesaing yang mengeluarkan internet true unlimited serupa dengannya pun memiliki batas toleransi. Paket tersebut akan dihentikan dalam kurung waktu tertentu karena sifatnya yang tidak menghasilkan.

True unlimited kami sebenarnya kan supaya orang-orang yang belum merasakan 4G LTE, jadi mau mencobanya. Memang hanya promosi saja. Operator lain pun tidak mungkin memberikan true unlimited, kalaupun ada ya tidak mungkin akan terus-terusan,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Smartfren sempat meluncurkan paket internet 4G LTE True Unlimited. Paket ini benar-benar tanpa batas kuota ataupun kecepatan dan dibanderol sangat murah, Rp 75 ribu untuk pengguna bundling Andromax.

Sayangnya, masa berlaku paket tersebut sudah habis. Anak usaha grup Sinar Mas itu pun merilis paket unlimited terbaru dengan FUP, sebagai gantinya. Paket baru tersebut dipatok mulai dari Rp 60 ribu per bulan dengan FUP 1,5 GB.

Baca: Ini Dia Paket Pengganti True Unlimited Smartfren

Pilihan lainnya adalah kuota internet super besar hingga 30 GB. Untuk paket yang satu ini, Smartfren mematok harga berlangganan Rp 300.000 per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com