Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Line Sudah Setara Instagram

Kompas.com - 30/05/2016, 09:40 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Jumlah unduhan aplikasi pesan instan Line menembus 500 juta download di toko aplikasi Android Play Store. Line kini masuk ke dalam kelompok aplikasi yang diunduh 500 juta hingga 1 miliar kali di Play Store, termasuk di dalamnya adalah Instagram dan Skype.

Capaian 500 juta unduhan itu menurut penelusuran KompasTekno tercapai pada kuartal kedua 2016 ini, seiring dengan update terbaru yang diberikan perusahaan pada 26 Mei lalu.

Update tersebut memungkinkan pengguna menggunakan tanda pagar (tagar) dan me-mention teman dengan menambahkan karakter "@" di depan nama akun yang dituju.

Play Store Jumlah unduhan Line yang kini masuk ke kelompok 500 juta hingga 1 miliar download di Play Store.
Namun demikian, dari sisi jumlah pengguna aktif per bulan, Line masih tertinggal dari Instagram dengan perbandingan keduanya masing-masing adalah 218 juta dan 400 juta berdasar situs Statista per kuartal pertama 2016.

Jika membandingkan dengan aplikasi messaging lain, jumlah pengguna Line sendiri hingga akhir tahun 2015 dikutip KompasTekno dari Android Police, Senin (30/5/2016), lalu telah mencapai 700 juta orang.

Sementara dua kompetitornya, seperti Messenger dan WhatsApp yang keduanya dimiliki oleh Facebook, masing-masing memiliki 900 juta dan 1 miliar pengguna.

Untuk mengejar kedua pesaing tersebut, Line telah menyiapkan sejumlah strategi. Salah satu strategi yang bisa dipakai Line adalah berekspansi ke negara-negara Eropa dan Amerika, mengingat sekarang Line baru populer di Asia saja.

Di ajang Line Conference yang digelar Maret lalu di Jepang, CEO Line, Takeshi Idezawa juga mengatakan Line berambisi menjadi Smart Portal nomor 1 dunia untuk lima tahun ke depan.

Yang dimaksud Smart Portal adalah satu platform yang terdiri dari berbagai fungsi, tidak hanya untuk chatting saja.

Nantinya, Line bakal dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa mengakomodir kebutuhan pengguna, seperti layanan pembayaran Line Pay, layanan berita Line News, dan banyak lagi.

Aplikasi Line sendiri baru-baru ini mendapatkan update fitur layanan berupa panggilan video berkelompok (group voice call) serta kelompok percakapan (group chat) hingga 200 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com