Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zenbo, Robot Rp 8 Jutaan Asus yang Bisa Diajak Bicara

Kompas.com - 30/05/2016, 17:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Di tengah acara Zenvolution, Computex, Taipei, Asus mengumumkan sesuatu yang sangat berbeda. Mereka bukan mengumumkan smartphone Android baru saja, melainkan juga robot asisten rumah tangga yang bisa diajak bicara.

“Kami punya ambisi untuk menyediakan robot di setiap rumah. Robot ini bisa menjadi asisten, memberi hiburan, hingga menjadi teman Anda,” ujar Chairman Asus Jonney Shih.

Hal paling menarik dari Zenbo adalah fungsi-fungsinya. Jonney menjanjikan robot ini punya fitur yang bisa menghubungkannya dengan berbagai perangkat rumah tangga tradisional atau yang sudah dirancang sebagai perangkat cerdas (smart home).

Misalnya, Anda bisa menghubungkan Zenbo dengan kamera yang ada di pintu depan rumah untuk mengecek tamu yang berkunjung. Bila kunci rumah Anda sudah mendukung fitur komputasi, bisa juga menghubungkannya sehingga kunci tersebut dapat dibuka dengan mengusap wajah robot.

Layaknya tablet PC, wajah robot tersebut memang punya fungsi lain sebagai layar sentuh, seperti melakukan panggilan video, belanja online, serta sebagai wadah menayangkan berbagai video.

Zenbo juga bisa disambungkan ke AC, televisi, hingga berbagai lampu penerangan rumah. Seperti halnya pada kamera, Zenbo juga mampu mengendalikan berbagai alat yang terhubung padanya.

Hal menarik berikutnya adalah Zenbo bisa bergerak atau menjelajah rumah secara independen, dan bisa menerima perintah suara.

Seperti dilansir KompasTekno dari Engadget, Senin (30/5/2016), robot buatan Asus ini masih dalam pengembangan. Orang-orang mungkin masih perlu berpikir panjang sebelum memutuskan membeli dan memahami kegunaan Zenbo atau Pepper.

Saat ini Asus sedang mempromosikan Zenbo untuk para developer. Tujuannya agar makin banyak aplikasi pendukung yang dibuat. Asus membanderol robot tersebut dengan harga 599 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 8,1 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com