Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajai China, Penjualan Xiaomi Tiga Kali Lipat Apple

Kompas.com - 31/05/2016, 14:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi lagi-lagi merajai pasar smartphone China. Selama April 2016, vendor gadget tersebut berkontribusi terhadap 26 persen peredaran smartphone di Negeri Tirai Bambu.

Apple yang biasanya mengukuhkan posisi di China, kini terlempar jauh. Sepanjang April, vendor asal Cupertino tersebut cuma memiliki pangsa psar tujuh persen. Dengan kata lain, penjualan Xiaomi tiga kali lebih besar ketimbang Apple.

Pencapaian itu merupakan rekor baru bagi Xiaomi. CEO Xiaomi Lei Jun pun sesumbar soal prestasi perusahaan melalui akun Weibo personalnya.

Dia menegaskan bahwa data tersebut merupakan hasil penelitian firma lokal yang resmi, sebagaimana dilaporkan GSMArena dan dihimpun KompasTekno, Selasa (31/5/2016).

Di bawah Xiaomi, ada ponsel model Honor yang meraup pangsa pasar sebesar 15,7 persen. Honor tak lain adalah anak perusahaan Huawei. Jika digabungkan, keduanya menyumbang 23,7 persen dari keseluruhan penjualan smartphone di China.

Posisi ketiga dikukuhkan LeEco. Pemain baru di industri smartphone tersebut tampak potensial dengan kontribusi pasar 10,5 persen. Sebagai catatan, LeEco baru merambah bisnis smartphone pada 2015 lalu.

Urutan keempat ditempati Apple, kemudian disusul Meizu dan Samsung. Masing-masing memperoleh pangsa pasar 7 persen, 4,5 persen, dan 3,2 persen.

Selain dari enam pemain tersebut, ada 17,1 persen brand gabungan yang berkontribusi terhadap peredaran smartphone di China selama sebulan.

Meski Xiaomi berhasil mengalahkan Apple dengan penjualan tiga kali lipat lebih besar, perlu diingat bahwa data di atas hanya didasarkan pada pengamatan selama satu bulan. Laporan per kuartal bisa saja berbeda jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com