Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Game Android Buatan Indonesia Kepung "Clash of Clans"

Kompas.com - 31/05/2016, 15:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Penggemar game buatan Indonesia boleh berbangga. Pasalnya ada dua game buatan dalam negeri yang sukses "mengepung" Clash of Clans (CoC), permainan strategi tersohor buatan studio Supercell.

Dua game Android tersebut adalah Tahu Bulat dan Warung Chain: Go Food Express.

Pantauan KompasTekno, Selasa (31/5/2016), Clash of Clans yang biasanya bertengger di peringkat pertama kini harus turun ke posisi kedua untuk kategori game gratis terfavorit di Google Play Store Indonesia.

Sementara itu peringkat pertama diduduki oleh Tahu Bulat buatan Own Games. Game buatan studio asal Bandung ini dibuat berdasarkan fenomena lokal, yaitu tren pedagang tahu bulat di sejumlah kota.

Baca: Yuk, Jualan Tahu Bulat Digoreng Dadakan di Android

Selain Tahu Bulat, ada juga game lokal lain yang siap mengancam dominasi CoC. Persis di bawah CoC, ada game Warung Chain: Go Food Express. Game buatan studio lokal Touchten, menempati posisi ketiga terfavorit di segmen Top Free Games.

Baca: Game Warung Indonesia Laris di iOS dan Android

Serupa dengan Tahu Bulat, permainan buatan studio yang digawangi Anton Soeharyo itu mengambil tema lokal, yaitu mengenai warung nasi atau warteg. Tugas pemain adalah menyajikan berbagai menu warteg dalam durasi yang sudah ditentukan.

Sekilas memainkannya, Anda akan teringat dengan permainan Diner Dash buatan studio Gamelab. Hanya saja latar belakang dan suasananya dibuat seutuhnya Indonesia, misalnya dengan wallpaper berupa Patung Dirgantara.

Kedudukan Tahu Bulat dan Warung Chain: Go Food Express tersebut bisa jadi mewakili semakin berkembangnya minat orang terhadap permainan buatan studio lokal di Tanah Air sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com