Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Twitter di iPhone, Intip Dulu Sebelum Baca

Kompas.com - 01/06/2016, 16:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Twitter diam-diam meluncurkan fitur eksklusif untuk pengguna iOS. Layanan mikroblog tersebut menyematkan kemampuan integrasi 3D Touch.

Diketahui, fitur 3D Touch sendiri baru kompatibel di iPhone 6s dan 6s Plus. Maka dari itu, kemampuan yang diboyong Twitter baru bisa dinikmati pengguna kedua produk tersebut.

Intinya, pengguna aplikasi Twitter di iPhone 6s dan 6s Plus bisa mengintip tautan (link), memperbesar gambar, dan memblok profil seseorang tanpa membukanya.

Mengintip link

Pengguna kerap penasaran dengan sebuah berita yang disebar di Twitter melalui link. Namun, saat membuka link itu dan beralih ke situs berita, pengguna bisa kecewa karena beritanya tak menjawab rasa penasaran.

Agar tak kecewa, pengguna bisa terlebih dahulu mengintip isi berita dengan memanfaatkan fitur 3D Touch. Cukup tekan pelan link agak lama, antarmuka Twitter akan memunculkan preview singkat berita.

Jika pengguna yakin berita itu bakal bermanfaat, barulah klik tautan untuk beralih ke situs berita dan membacanya secara lengkap.

Memperbesar gambar

Begitu pula saat melihat gambar yang berseliweran di linimasa. Jika ingin melihatnya secara lebih detil, tak perlu membuka gambar dengan mengklik.

Pengguna cukup menggesek sembari menekan pelan gambar, lalu bentuk lebih besar dari gambar akan muncul di layar. Mekanismenya kurang lebih sama dengan yang tersedia di Instagram.

Mengintip profil

Terakhir, dengan menggesek layar ke atas sembari menekan pelan profil seseorang yang mampir di linimasa, pengguna bisa langsung mengambil tindakan semisal mendiamkan (mute), memblok (block), atau melaporkan sebagai gangguan (report as spam), tanpa masuk ke profil orang itu.

Integrasi 3D Touch pada Twitter untuk iOS tentu bisa menghemat waktu pengguna ketika berselancar di layanan bernuansa biru itu. Dengan demikian, pengguna bisa lebih produktif menyerap informasi.

Belum jelas kapan kemampuan serupa bakal tersedia untuk pengguna Twitter Android, atau pengguna Twitter iOS pada seri iPhone lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com