Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Beli 1.500 Paten Milik Microsoft

Kompas.com - 01/06/2016, 16:41 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pabrikan gadget China Xiaomi menandatangani kesepakatan pembelian 1.500 hak paten yang dimiliki raksasa teknologi, Microsoft.

Xiaomi juga menandatangani kesepakatan pertukaran lisensi dengan Microsoft, sama dengan yang telah dilakukan oleh vendor elektronik besar lainnya, seperti Samsung dan Dell.

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Xiaomi akan memasang aplikasi Microsoft Office dan Skype ke dalam beberapa perangkatnya, termasuk Mi 5, Mi Max, Redmi Note 3, dan Mi 4S.

Microsoft Corporate Vice President, Jonathan Tinter mengatakan bahwa kesepakatan lisensi dan hak paten itu termasuk untuk teknologi komunikasi nirkabel, serta teknologi-teknologi lainnya yang menyangkut video.

"(Kesepakatan) ini jauh lebih luas dari kerja sama lain yang pernah kami buat," ujar Tinter.

Upaya tersebut dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Rabu (1/6/2016) menjadi bagian dari langkah Xiaomi untuk berekspansi ke luar pasar China.

Sementara bagi Microsoft, perjanjian ini diharapkan bisa mengurangi rasa ketidakpercayaan pemerintah China terhadap software-software AS yang terpasang di produk-produk elektornik yang dipasarkan di China.

Meski demikian, Vice Presiden Xiaomi Global, Hugo Barra belum mau mengungkapkan kapan ponsel-ponsel Android Xiaomi melakukan ekspansi ke negara-negara Amerika dan Eropa.

"Belum ada jadwal penjualan ponsel (Xiaomi) di AS, belum juga tahun ini," kata Barra.

Walau Xiaomi telah membuka toko aksesori di AS, namun tidak terlihat ponsel Android Xiaomi di sana. Baru ada produk-produk home appliance, Android TV, dan aksesori ponsel lainnya seperti earphone dan powerbank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com