Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fitur Tersembunyi di Google Photos

Kompas.com - 01/06/2016, 20:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google Photos sejatinya adalah platform berbasis cloud untuk menyimpan semua konten visual digital pengguna, baik berupa foto maupun video. Aplikasi Google Photos tersedia di Android

Di balik fungsi utamanya, Photos juga menyimpan fitur-fitur lain yang sering luput dari perhatian. Google pun membeberkan fitur-fitur tersembunyi tersebut, bertepatan dengan hari jadi Photos yang pertama pada pekan ini.

Berikut delapan di antara fitur-fitur andalan Google Photos, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (1/6/2016) dari blog resmi Google.

1. Fungsi Shift-?

Fitur ini eksklusif tersedia ketika pengguna membuka situs Google Photos dari PC, http://photos.google.com. Pengguna cukup menekan tombol Shift kemudian diikuti ikon minus (-) dan ikon tanda tanya (?) untuk mengetahui semua perintah shortcut.

Google Photos Fitur tersembunyi Google Photos yang layak diketahui.

Ada perintah untuk menggulir foto sebelum dan sesudah, memilih foto, mencari foto, melihat foto orisinil sebelum diedit, mencerahkan foto, merotasi foto, mengunduh foto, dan perintah lainnya.

2. Hemat ruang penyimpanan

Google Photos menyediakan ruang  penyimpanan foto dan video berukuran orisinal secara gratis hingga 15 GB. Itupun digabung dengan data-data lainnya pada penyimpanan Drive.

Jika kuota Anda habis, ada nominal tertentu yang harus dibayar sesuai kebutuhan. Namun, jika Anda memilih memanfaatkan layanan gratis selamanya, Anda bisa mengakalinya dengan menurunkan kualitas foto.

Caranya, pada situs photos.google.com, pilih convert all untuk mengubah kualitas foto dari orisinil ke high quality. Untuk kualitas tersebut, pengguna memiliki kuota gratis tanpa batas.

3. Gunakan emoji

Sejak Maret 2016 lalu, pengguna bisa mencari foto menggunakan emoji. Misalnya, saat mencari foto ketika jalan-jalan di hutan, cukup sematkan emoji pohon di kolom pencarian Photos.

Aplikasi itu akan mencarikan gambar yang nuansanya berbau pohon. Begitu pula ketika mencari foto binatang, bunga, dan lainnya.


4. Jangan simpan konten dobel

Google Photos ingin menghemat pemakaian memori pada perangkat Anda. Untuk itu, pastikan konten yang telah disimpan ke Photos, tak tersimpan pula di ponsel, tablet, atau PC.

Caranya, tekan Settings pada aplikasi Photos, lalu cari opsi free up device storage. Photos akan menghapus semua foto di perangkat, yang telah tersimpan di cloud.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com