Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Standardisasi 5G, Apa Saja Garapan Intel dan Foxconn?

Kompas.com - 02/06/2016, 13:16 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com-Intel dan Foxconn sepakat bekerja sama membangun standardisasi jaringan 5G. Kerja sama juga mencakup proyek percontohan untuk penerapan Mobile Edge Computing, Cloud Radio Access Network, dan Network Functions Virtualization.

"Prioritas kami sekarang adalah membangun standardisasi jaringan 5G," kata Executive Vice President General Manager Data Center Group Intel Corporation, Diane M Bryant, di Taipei, Taiwan, Selasa (31/5/2016).

(Baca: Intel Gandeng Foxconn Kawal Standardisasi Internet 5G)

Kolaborasi ini diharapkan bisa menguji, membuktikan, dan menghadirkan jaringan internet yang lebih cerdas, efisien, sekaligus fleksibel.

Dalam penggarapan proyek percontohan ini, Intel bekerja sama dengan Foxconn's Advanced Communication Academy (FACA) untuk pengembangan teknologi.

Adapun uji coba dan verifikasi penerapan jaringan 5G bakal memakai jejaring operator telekomunikasi di Asia Pasific Telecom yang bernaung di bawah Foxconn.

Dalam pelaksanaannya, Foxconn akan menggunakan referensi arsitektur dan teknologi Intel untuk membuat peranti keras bagi peralatan end user, beserta peranti utama jaringan dan wireless access, sebagai pengembangan solusi provider komunikasi yang sudah mereka miliki.

"Kami sudah berpengalaman dalam manufacturing," tegas Chairman Foxconn, Fang-Ming Lu, saat tampil dalam Intel Keynote untuk Computex 2016 Taipei, Selasa.

Target kerja sama adalah mempercepat kesiapan industri untuk kembali membangun jaringan telekomunikasi di tengah lonjakan volume dan kompleksitas lalu lintas data.

Berikut ini rincian garapan bersama Intel dan Foxconn untuk standardisasi 5G:

1. Cloud Radio Access Network (CRAN)

Intel akan menyediakan konsep arsitektur dan teknologi  mini-CRAN hardware platform dan remote radio head (RRH), untuk pembuatan produk oleh Foxconn. CRAN diklaim menjanjikan infrastruktur yang lebih tepat harga sekaligus memastikan kapasitas yang lebih terukur untuk pemakaian di kawasan padat perkotaan, dengan penerapan fungsi RAN di cloud.

2. User equipment (UE)

Intel menyediakan chipset, desain referensi, dan driver untuk peranti yang mengadopsi jaringan 5G. Tujuannya, membantu Foxconn melakukan verifikasi dalam uji coba CRAN dalam jaringan 5G.

3. Mobile Edge Controller (MEC)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com