Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple WWDC Digelar 13 Juni, Apa yang Bakal Diluncurkan?

Kompas.com - 03/06/2016, 12:51 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Apple memastikan akan kembali menggelar acara Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 13 hingga 17 Juni 2016 mendatang. Acara kumpul developer tahunan tersebut masih bertempat di Auditorium Bill Graham Civic, San Francisco, AS.

Seperti yang sudah-sudah, Apple tak bakal meluncurkan lini hardware pada WWDC. Ajang tersebut cenderung memanjakan para pengembang dengan kehadiran software teranyar.

Beberapa produk yang diharapkan muncul adalah sistem operasi terbaru untuk iPhone dan iPad (iOS 10), Watch OS generasi terakhir, serta Mac OS X termutakhir.

Selain peluncuran sistem operasi, ada beberapa bocoran lain yang terendus dari berbagai pihak. Salah satunya, Apple dikatakan bakal mengintegrasikan Siri dengan aplikasi pihak ketiga.

Artinya, pengguna bisa menggunakan perintah suara alias voice commands untuk mengontrol aplikasi-aplikasi kesukaan, sebagaimana dilaporkan TechInsider dan dihimpun KompasTekno, Jumat (3/6/2016).

Kemampuan ini sudah lebih dulu dimiliki asisten digital Echo buatan Amazon. Ia bisa digunakan untuk menjalankan perintah ke Spotify, Uber, dan lainnya.

Selain itu, Apple juga dikatakan bakal mengganti nama Mac OS X menjadi Mac OS saja. Jika benar, belum jelas apa yang melatarbelakangi efisiensi penamaan tersebut.

Untuk Siri, Apple digosipkan akan memboyong asisten digital tersebut ke Mac. Terakhir, menurut beberapa sumber yang familiar, desain Apple Music bakal dirombak karena banyaknya keluhan dari pengguna.

Benar atau tidaknya berbagai rumor tersebut baru bisa diketahui pekan depan. WWDC 2016 bakal dimulai pada pukul 10 pagi waktu San Francisco atau sekitar 10 malam di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com