Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supir Uber Dipecat Lantaran Hina Penumpang Lesbian

Kompas.com - 07/06/2016, 09:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Supir Uber dipecat lantaran mendiskriminasi dan menyinggung perasaan penumpangnya. Ucapan sang supir direkam, diunggah ke Soundcloud, dan disebar melalui Twitter.

Cerita berawal ketika Lucy Thomas, seorang lesbian yang juga CEO organisasi anti-penganiayaan Project Rockit memesan Uber di Melbourne, Australia. Kala itu ia bersama pacarnya.

Perjalanan berlangsung lancar sampai sang supir menceritakan kebenciannya pada olahraga sepak bola. Ia merasa para pesepak bola tak ubahnya segerombol homoseksual yang saling bersentuhan badan ketika beraksi di lapangan.

Lucy dan sang pacar yang merasa tak nyaman kemudian bersikap konfrontatif. Mereka mendebat pernyataan sang supir.

Bukannya minta maaf, sang supir malah semakin keras berkomentar, sebagaimana pengakuan Thomas yang dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Selasa (7/6/2016).

"Kenapa kalian khawatir? Kalian gay?" sang supir bertanya.

Lucy pun semakin geram. Ia merespons pertanyaan sang supir dan mulai merekam perdebatan mereka. Sang supir lalu naik pitam.

"Apa? Kalian mau mengeluh dan memberikan saya rating satu?" si supir menantang.

Ia lalu meminta Lucy dan pacarnya keluar dari mobil. Ia mengatakan tak ingin ada pasangan homoseksual yang menumpang di kendaraannya."Homo!" ujarnya dengan nada diskriminatif.

Thomas melaporkan sang supir ke Uber Australia. Alhasil, layanan ride sharing tersebut mengambil tindakan tegas dengan memutuskan kemitraan dengan sang supir.

"Uber tak menoleransi diskriminasi dalam bentuk apapun. Kami sudah mengontak si supir dan memberhantikan dia," kata juru bicara Uber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com