Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S8 Bakal Dibekali Layar 4K?

Kompas.com - 10/06/2016, 08:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Galaxy S8 diduga akan menjadi smartphone pertama Samsung yang dibekali dengan layar 4K.

Dugaan itu diutarakan oleh lembaga riset UBI Research setelah melihat layar 4K berukuran 5,5 inci yang dipamerkan Samsung dalam konferensi Display Week di AS, bulan lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Jumat (10/6/2016).

“Dengan mempertimbangkan berbagai faktor termasuk angka produksi yang akan meningkat untuk panel display masa depan, layar 5,5 inci AMOLED akan dipakai di smartphone Galaxy berikutnya, diduga bernama S8,” sebut seorang eksekutif UBI Research.

Panel display yang bersangkutan dibikin dengan teknologi Super AMOLED dan memiliki resolusi 3.840 x 2.160 (4K). Tingkat kepadatan pixel yang dimilikinya mencapai 806 ppi.

Sebagai perbandingan, layar smartphone andalan Samsung saat ini, Galaxy S7, memiliki resolusi sebesar 2.560 x 1.400 piksel (QHD) dengan tingkat kepadatan piksel 534 ppi.

Samsung sendiri memang dikenal memiliki kebiasaan mendongkrak resolusi layar ponsel seri Galaxy S saban dua generasi. Galaxy S4 dan S5 memiliki display full-HD, sementara Galaxy S6 dan S7 mengusung layar QHD.

Resolusi 4K terdengar mubazir untuk penggunaan biasa. Namun, manfaatnya akan terasa ketika ponsel dipakai menjalankan aplikasi VR seperti pada headset Gear VR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com