Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foxconn Dapat Lampu Hijau untuk Akuisisi Sharp

Kompas.com - 10/06/2016, 12:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Foxconn telah mendapat lampu hijau dari pemerintah Taiwan untuk mengakuisisi Sharp Corp, pabrikan layar gadget asal Jepang.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Jumat (10/6/2016), pada Rabu kemarin, Komisi Fair Trade Taiwan telah mengatakan tak ada masalah anti-trust di rencana pembelian tersebut.

Sebelumnya, Komisi Investasi Kementerian Ekonomi Taiwan yang mengawasi investasi dalam dan luar negeri memang telah memberikan sinyalemen bakal memberikan lampu hijau.

Foxconn yang secara formal dikenal sebagai Hon Hai Precision Industry Co. menggelontorkan investasi senilai 3,54 miliar dollar AS atau Rp 47 triliun untuk memperoleh 63,64 persen saham Sharp.

Pada April lalu, pendiri Foxconn Terry Gou sempat menerangkan rencana masa depannya untuk Sharp, yakni fokus memproduksi teknologi layar IGZO alias indium gallium zinc oxide yang banyak dipakai pada gadget canggih seperti iPad buatan Apple.

Menurut Gou, IGZO lebih unggul ketimbang tipe layar organic light-emitting diode (OLED). Selain tampilannya yang lebih ramah mata, IGZO juga diklaim lebih efisien energi dibandingkan OLED.

Produksi Sharp di masa depan diproyeksikan terdiri dari 60 persen layar IGZO dan 40 persen layar OLED.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com