Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa OnePlus Hentikan Penjualan "Smartphone" di Indonesia?

Kompas.com - 11/06/2016, 02:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - OnePlus, startup pabrikan ponsel asal China, membuat sebuah keputusan yang boleh jadi cukup mengejutkan di Indonesia. Diam-diam, OnePlus hengkang dan menghentikan penjualan produk barunya di Indonesia. Mengapa?

Menurut Carl Pei, kepala pemasaran global OnePlus, ada beberapa alasan di balik keputusan tersebut. Salah satunya, OnePlus merasa kesulitan mengikuti perkembangan regulasi.  

“Karena perubahan regulasi baru-baru ini, kami tak bisa menjual produk baru di Indonesia sampai ada informasi baru yang disampaikan,” ujar Pei kepada KompasTekno, Sabtu (11/6/2016).

Dia tak merinci “perubahan regulasi” apa persisnya yang dimaksud. Alasan lain disebutkan terkait dengan kemampuan produksi dan finansial OnePlus.

“Sebagai perusahaan kecil, kemampuan manufaktur kami harus tersentralisasi untuk menaikkan produksi dan menurunkan harga,” lanjut Pei.

Meski demikian, Pei menyatakan bahwa garansi produk OnePlus yang kadung dibeli oleh konsumen akan terus berlaku.

Setelah berhenti menjual produk, dia menyebutkan OnePlus berminat kembali ke pasaran Indonesia di masa depan nanti, tapi tak menyebutkan waktu pastinya.

OnePlus merupakan perusahaan rintisan di bidang hardware smartphone yang didirikan pada Desember 2013. Vendor muda ini mulai melirik kemungkinan ekspansi ke pasar Indonesia setahun setelahnya.

Tapi kiprah OnePlus di Indonesia bisa dibilang cuma seumur jagung.

Produk perdana OnePlus di Indonesia adalah ponsel OnePlus One yang memasuki pasaran Tanah Air pada awal 2015 melalui kerja sama pemasaran dengan salah satu pelaku e-commerce.

Produk terakhir yang diluncurkan OnePlus di Indonesia adalah OnePlus X yang hadir pada akhir Maret lalu. Ponsel 4G LTE dengan banderol harga Ro 3,4 juta itu dipasarkan sebagai perangkat 3G dengan kemampuan 4G yang dikunci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com