Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Facebook Ubah Foto Panorama Jadi 360 Derajat

Kompas.com - 12/06/2016, 08:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Facebook

KOMPAS.com - Facebook resmi meluncurkan dukungan untuk foto 360 derajat pada jejaring sosialnya. Fitur ini telah diuji coba sejak awal Mei 2016.

"Anda kini bisa melihat foto 360 derajat dan merasakan pengalaman benar-benar hadir di suatu tempat," kata CEO Mark Zuckerberg lewat akun Facebook personalnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (12/6/2016).

Yang menarik, pengguna tak perlu memiliki kamera 360 derajat khusus untuk membuat konten yang hendak dibagi ke Facebook. Pengguna bisa memanfaatkan kamera pada smartphone atau tablet, dengan mengaktifkan mode panorama.

Sistem Facebook akan otomatis mengubah semua foto panorama ke dalam tampilan 360 derajat. Jadi, siapa saja bisa membuat foto multi-angle di jejaring sosial bernuansa biru ini.

Sementara itu, pengguna bisa menikmati konten 360 derajat via smartphone, PC, maupun headset realitas virtual alias virtual reality (VR).

Di smartphone, pengguna cukup menggoyang perangkat ke kanan, kiri, atas, dan bawah. Foto akan menampilkan keseluruhan perspektif. Jika ingin menikmati via PC, pengguna memerlukan kursor untuk menggulir layar ke berbagai sudut pandang.

Pengalaman paling memukau diakomodir oleh perangkat VR. Pengguna cukup mengarahkan kepala ke berbagai arah, sesuai perspektif yang ingin dilihat.

Seperti diketahui, Facebook memang sedang gencar mempromosikan teknologi VR. Zuckerberg meyakini bahwa VR adalah masa depan industri teknologi.

Saat ini, Facebook sampai mengakuisisi startup Oculus untuk membuat headset dan software VR. Tak cuma Facebook, perusahaan besar lain seperti Samsung, Google, HTC, LG, dan Asus pun membuat meramaikan industri VR. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com