Apple Berniat Jualan Listrik - Kompas.com

Apple Berniat Jualan Listrik

Oik Yusuf
Kompas.com - 12/06/2016, 14:47 WIB
Softpedia Ilustrasi bangunan kantor baru Apple, Campus 2

KOMPAS.com - Kantor baru Apple yang berbentuk bundar dan sering disebut sebagai UFO sedang dibangun. Kompleks bernama “Apple Campus 2” ini dijadwalkan selesai pada akhir 2016.

Ketika sudah rampung nanti, kantor baru Apple bakal bisa menghasilkan energi terbarukan secara mandiri. Jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik seisi kompleks, bahkan berlebih.

Kelebihan energi yang antara lain diperoleh dari panel surya di atap gedung kantor baru Apple itu, menurut laporan Cnet yang dirangkum oleh KompasTekno, Minggu (12/6/2016), rencananya akan dijual ke publik.

Niatan ini diketahuii dari sebuah dokumen permohonan izin yang diajukan oleh Apple lewat sebuah perusahaan bernama Apple Energy ke Komisi Regulator Energi Federal AS.

Di dalamnya disebutkan bahwa Apple berencana menjual listrik dari panel-panel surya dan sel hidrogen di Campus 2, juga listrik yang diperoleh dari pembangkit-pembangkir energi terbarukan lain yang berbasis di Oregon, North Carolina, California, Nevada, dan Arizona.

Kalau rencana Appel disetujui oleh regulator, maka pabrikan gadget berlambang buah apel tergigit itu bisa mulai menjual listrik secara langsung ke konsumen pada 5 Agustus mendatang.

Selain Apple, Google kabarnya telah lebih dulu memperoleh hak serupa untuk menjual listrik pada 2010 lalu. 

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
SumberCNET

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM