Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Berniat Jualan Listrik

Kompas.com - 12/06/2016, 14:47 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Kantor baru Apple yang berbentuk bundar dan sering disebut sebagai UFO sedang dibangun. Kompleks bernama “Apple Campus 2” ini dijadwalkan selesai pada akhir 2016.

Ketika sudah rampung nanti, kantor baru Apple bakal bisa menghasilkan energi terbarukan secara mandiri. Jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik seisi kompleks, bahkan berlebih.

Kelebihan energi yang antara lain diperoleh dari panel surya di atap gedung kantor baru Apple itu, menurut laporan Cnet yang dirangkum oleh KompasTekno, Minggu (12/6/2016), rencananya akan dijual ke publik.

Niatan ini diketahuii dari sebuah dokumen permohonan izin yang diajukan oleh Apple lewat sebuah perusahaan bernama Apple Energy ke Komisi Regulator Energi Federal AS.

Di dalamnya disebutkan bahwa Apple berencana menjual listrik dari panel-panel surya dan sel hidrogen di Campus 2, juga listrik yang diperoleh dari pembangkit-pembangkir energi terbarukan lain yang berbasis di Oregon, North Carolina, California, Nevada, dan Arizona.

Kalau rencana Appel disetujui oleh regulator, maka pabrikan gadget berlambang buah apel tergigit itu bisa mulai menjual listrik secara langsung ke konsumen pada 5 Agustus mendatang.

Selain Apple, Google kabarnya telah lebih dulu memperoleh hak serupa untuk menjual listrik pada 2010 lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com