Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikecam, Kicauan Donald Trump soal Islam dan Penembakan Orlando

Kompas.com - 13/06/2016, 09:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Kicauan kandidat Presiden AS Donald Trump di Twitter kembali memicu kontroversi. Kali ini menyoal penembakan di sebuah klub malam khusus gay di Orlando, Florida, AS, Senin (12/6/2016) dini hari waktu setempat.

Mulanya Trump menghanturkan doa untuk para korban dan keluarganya. Laporan terakhir menyebutkan, 50 orang tewas dan 53 lainnya luka-luka.

Kicauan yang menuai kecaman dilontarkan sang kandidat Partai Republik beberapa menit setelahnya. Ia mengapresiasi ucapan selamat dari orang-orang karena selama ini menyuarakan aksi anti-Islam radikal.

Trump seakan memastikan bahwa aksi penembakan itu adalah ulah kelompok teroris Islam, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Senin (13/6/2016).

Padahal, menurut kepolisian, belum ada indikasi bahwa sang pelaku bernama Omar Marteen terafiliasi dengan kelompok teroris radikal.

Selain itu, Trump dinilai tak bijaksana. Pada saat banyak orang berduka, ia malah memamerkan bahwa dirinya diselamati orang-orang atas sudut pandangnya selama ini. Berikut beberapa kecaman netizen yang ditujukan untuk kicauan sang calon presiden.

Di lain sisi, beberapa tokoh sohor lainnya mengicaukan doa dan belasungkawa untuk para korban dan orang-orang yang ditinggalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com