Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjawab Pesan yang "Tenggelam" di Grup WhatsApp

Kompas.com - 13/06/2016, 13:14 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber whatsapp

KOMPAS.com - WhatsApp menyematkan fitur baru pada platform chatting-nya. Pengguna bisa mengutip dan membalas pesan (quotes and replies) secara personal dalam obrolan grup.

Kemampuan ini bisa mereduksi kesalahpahaman komunikasi yang terjadi di grup, sebagaimana dicoba KompasTekno, Senin (13/6/2016).

Selama ini, anggota grup yang banyak terkadang membuat topik obrolan melebar. A membahas topik 1, lalu ditimpali B dengan topik 2, dan seterusnya.

Misalnya, Anda ingin membalas omongan si A tentang topik 1. Karena ramainya pertukaran pesan di grup, bisa saja balasan Anda dianggap untuk omongan si B tentang topik 2.

Dalam kasus seperti itu, quotes and replies akan membuat si A dan teman grup lainnya tahu bahwa balasan Anda ditujukan untuk topik 1 yang dibahas A.

Masalah lainnya adalah ketika Anda ingin membahas kembali topik lama pada obrolan lawas. Banyaknya percakapan setelahnya akan membuat obrolan lawas itu tenggelam.

Tak perlu khawatir, Anda cukup mencari kalimat yang mengindikasikan obrolan itu, lalu tulis keterangan tambahan agar teman grup lain paham yang Anda maksud.

WhatsApp WhatsApp kini bisa mengutip dan membalas pesan personal di grup

Fitur ini sudah diluncurkan dalam versi beta pada pekan lalu. Kini, semua pengguna Android dan iOS sudah bisa menikmatinya.

Anda pertama-tama harus memperbarui aplikasi WhatsApp lewat Google Play Store atau Apple App Store. Setelahnya, cukup buka aplikasi seperti biasa.

Jika ingin mengutip salah satu pesan dan membalasnya, Anda harus menekan lama pesan tersebut. Antarmuka WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk bertindak.

Salah satunya, yang terletak paling kiri, ada ikon bergambar panah. Anda cukup menekannya sekali, lalu WhatsApp akan otomatis mengutip pesan yang ingin Anda komentari.

Setelah menuliskan komentar, kirim pesan itu. Anggota grup akan paham bahwa Anda sedang membalas sebuah obrolan spesifik yang dilontarkan satu orang.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber whatsapp
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com