Selamat Tinggal OS X, Selamat Datang macOS Sierra - Kompas.com

Selamat Tinggal OS X, Selamat Datang macOS Sierra

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 14/06/2016, 08:16 WIB
Newsroom Apple Tampilan macOS Sierra pada Mac.

KOMPAS.com - Sistem operasi OS X untuk Mac resmi berganti nama jadi macOS. Perubahan nama sistem operasi untuk perangkat komputer Apple ini diumumkan pada acara kumpul pengembang tahunannya, WWDC 2016 di San Francisco, AS.

Sierra dipilih menjadi nama perdana dari macOS. Beberapa pembaruan pun diboyong pada macOS Sierra. Salah satu yang paling mencolok adalah integrasi dengan asisten digital, Siri.

Berikut beberapa fitur baru dari macOS Sierra yang dihimpun KompasTekno, Selasa (14/6/2016) dari laman newsroom resmi Apple.

1. Debut Siri di Mac

Sebelumnya, Siri hanya unjuk gigi di perangkat mobile Apple. Kini, pengguna Mac bisa  "ngobrol" dengan asisten digital pintar itu.

Apple memodifikasi kemampuan Siri khusus untuk pengguna desktop. Asisten itu mudah diakses dari menu bar atau keyboard. Pengguna bisa mencari informasi, file, atau mengirim email dengan perintah suara ke Siri.

Siri juga bisa memindahkan dokumen yang dikerjakan pengguna pada malam sebelumnya ke folder yang diinginkan. Selain itu, Siri bisa membantu mengatur pertemuan bisnis di Calendar atau memulai obrolan video via FaceTime.

Dengan diboyongnya Siri ke Mac, maka tokoh maya itu kini ada di semua ekosistem Apple: iOS, macOS, watchOS, dan tvOS.

2. Dokumen tersedia di semua perangkat

Pada prinsipnya, macOS Sierra mirip dengan Windows 10 dalam hal integrasi antar perangkat Apple. Pengguna bisa menyimpan dokumen di folder Mac untuk kemudian mengaksesnya di iPhone atau iPad, dengan format yang disesuaikan.

3. Copy paste antar perangkat

Sierra memiliki satu fitur yang dinamai Universal Clipboard. Maksudnya, konten dari clipboard tersedia di semua perangkat Apple via iCloud. Pengguna bisa mengopi dan menempel teks, gambar, atau video lintas perangkat Apple.

Misalnya, saat mengopi teks di Mac, pengguna cukup tekan paste di iPhone atau iPad, begitu pula sebaliknya.

4. Tonton video kapan saja

Pengguna macOS Sierra bisa memutar video dari Safari atau iTunes sembari bekerja. Sebab, bingkai video bisa diperbesar atau perkecil, dan diletakan di layar bagian mana saja yang pengguna inginkan.

5. Tabs di mana-mana

Untuk membantu navigasi dunia maya, pengguna bisa menyematkan tab dari peramban Safari ke semua aplikasi Mac, semisal Maps, Mail, dan Pages. Bahkan, dukungan ini berlaku pada beberapa aplikasi pihak ketiga.

Misalnya pengguna sedang fokus melihat peta di Maps namun juga ingin browsing tentang informasi lokasi, maka tab dari Safari akan sangat berfungsi. Pengguna tak perlu menutup Maps terlebih dahulu, untuk kemudian ke Safari dan kembali ke Maps.

Para pengembang sudah bisa mengakses macOS Sierra di tautan berikut (https://developer.apple.com/) mulai hari ini. Sementara itu, untuk pengguna umum, Sierra baru bisa dinikmati secara beta pada Juli mendatang.

Ketersediaan komersilnya baru ada pada akhir tahun ini.

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM