Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rilis Xbox One S Termungil, Harganya?

Kompas.com - 14/06/2016, 10:41 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sempat bocor, Microsoft akhirnya merilis varian baru dari konsol Xbox One. Raksasa software tersebut memanfaatkan hingar bingar pameran game E3 di Los Angeles, AS, untuk memperkenalkan konsol yang disebutnya sebagai Xbox One S itu.

Lantas, apa yang beda dari Xbox One S dari varian sebelumnya? Konsol yang satu ini hadir dengan dimensi yang lebih kecil.

Microsoft mengungkapkan bahwa perangkat ini 40 persen lebih kecil dari Xbox One versi original. Bahkan, Xbox One S digadang-gadang sebagai Xbox termungil yang dimiliki oleh Microsoft.

Selain itu, masih dari segi fisik, Xbox One S bakal hadir dalam balutan warna putih. Berbeda jauh dari Xbox One yang identik dengan warna hitam.

Konsol mungil ini juga dilengkapi stand vertikal, sehingga tak perlu lagi diletakkan secara horizontal.

Tidak hanya dari segi fisik, Microsoft juga memberikan upgrade minor dari segi kemampuan ketimbang generasi sebelumnya. Salah satu yang paling menonjol, Xbox One S mendukung pemutaran video, bukan game, 4K Ultra HD (termasuk 4K Ultra HD Blu-ray).

Ada juga kemampuan untuk menampilkan gambar HDR. Untuk fitur yang satu ini, kemampuan tersebut ditujukan bagi video dan juga game.

"Pada awalnya, Xbox One S bagi kami merupakan realisasi, kami ingin membuat Xbox yang lebih kecil, tetapi ada juga beberapa kemampuan yang mulai bertumbuh di pasar seputar HDR dan video 4K," ujar Phil Spencer, pimpinan divisi Xbox Microsoft, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Selasa (14/6/2016).

Tidak hanya konsolnya saja yang diperbarui, Microsoft juga sedikit mengubah kontroler dari konsol tersebut. Kontroler game baru itu menggunakan warna putih yang sama dengan sang konsol. Ada juga sedikit tekstur di bagian belakang agar pengontrol dalam game ini tidak terlalu licin.

Xbox One S sendiri bakal dipasarkan dengan harga 299 dollar AS atau sekitar Rp 3,9 juta untuk versi 500 GB dan banderol 349 dollar AS atau sekitar Rp 4,6 juta untuk versi 1 TB.

Ada juga edisi spesial yang hadir dengan media penyimpanan berkapasitas 2 TB dengan harga 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com