Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Apple dengan WatchOS 3 Bisa Ditulisi dengan Tangan

Kompas.com - 14/06/2016, 12:07 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple akhirnya mengumumkan sistem operasi arloji pintar WatchOS 3. Sistem operasi terbaru ini menjanjikan kinerja aplikasi yang lebih cepat dan sejumlah fitur baru.

Apple mengklaim, waktu start aplikasi di WatchOS 3 bisa 7 kali lipat lebih cepat dibandingkan Watch OS 2. Hal tersebut berkat tambahan fitur Instant Launch di dalamnya.

Selain itu, Apple juga menyematkan tampilan antarmuka baru di WatchOS 3. Tampilan ini berupa tambahan Control Center yang dirancang supaya pengguna bisa lebih cepat dan mudah saat mengakses aplikasi dan informasi.

Seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (14/6/2016), fitur lain yang menarik adalah Scribble yang membuat pengguna bisa menulis di layar arloji hanya dengan memakai jari.

Cara tersebut bisa dipakai untuk banyak hal, salah satunya adalah saat pengguna perlu membalas pesan yang masuk. Memanfaatkan fitur Scribble, pengguna cukup menulis jawaban di layar arloji lalu mengirimkannya.

Tombol yang ada di tepi bodi arloji kini sudah berubah fungsi. Tombol itu tak lagi dipakai untuk memanggil menu kontak. Jika menekannya, pengguna WatchOS 3 akan membuka daftar aplikasi terkini (recent apps) dan docking aplikasi.

Fungsi lain tombol tersebut adalah untuk panggilan darurat. Pengguna cukup menekannya selama beberapa detik, maka arloji pintar otomatis menghubungi polisi (911). Panggilan dilakukan melalui koneksi seluler ponsel yang terhubung dengannya, atau memanfaatkan WiFi.

Apple berjanji bahwa panggilan darurat itu bisa dilakukan di berbagai negara. Saat ini mereka sedang mengembangkan panggilan darurat tersebut di kancah internasional dan nasional. Tujuannya supaya mereka bisa menyematkan nomor darurat dari berbagai negara.

Fitur tambahan selanjutnya adalah Breathe. Aplikasi ini mendorong penggunanya untuk lebih rileks, mengatur nafas, serta mengingatkan Anda jika tertidur. Bisa dibayangkan, kegunaannya mirip alat bantu meditasi di dalam arloji futuristik.

Terakhir adalah pembaruan pada aplikasi fintess mereka. Pengguna bisa memakai WatchOS 3 endapat aplikasi kebugaran baru yang bisa terhubung dengan pengguna lain. Keterhubungan ini membuat pengguna bisa saling berbagi detak jantung, berkirim pesan, serta melacak lokasi arloji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com